Unik, Informatif , Inspiratif

Kaki Palsu Bionik, Bisa Dipakai untuk Mendaki Gunung

0

Seorang pencipta perangkat kaki bionik, Hugh Herr memprediksi teknologi ini akan menarik perhatian. Ciptaannya tersebut diberi nama Prosthetic Leg Bionik.

Herr yang seorang pendaki gunung sempat mengalami kecelakaan pada 1982. Akibatnya, kedua kakinya terpaksa harus diamputasi. Berawal dari cacat yang harus diterimanya, kemudian ia merasa harus membuat sebuah teknologi inovasi untuk orang ‘cacat’. Ia pun bersama timnya dari Massachusetts Institute of Technology mengembangkan kaki bionik yang bisa berfungsi senatural mungkin.

Pada pertemuan South by Southwest (SXSW) di Texas beberapa waktu lalu, Herr mengatakan, teknologi bionik yang kini sudah semakin dikembangkan oleh banyak perusahaan akan menjadi sangat menarik perhatian dan berpotensi mempengaruhi orang-orang malah tertarik untuk mengamputasi kaki mereka agar bisa mendapatkan anggota tubuh tambahan.

Kebanyakan kaki bionik memiliki kecanggihan, salah satu contohnya perangkat yang ia ciptakan sendiri. Kaki bionik Herr bisa digunakan untuk mendaki gunung karena dilas menggunakan crampon atau pelat logam khusus untuk panjat tebing. Prosthesis bioniknya itu bahkan lebih panjang dari kaki normal sehingga bisa meregang lebih lebar dari biasanya.

Teknologi Prosthetic Leg Bionik, Layaknya film genre fiksi ilmiah atau science fiction (sci-fi), yang benar-benar ada dikehiduoan nyata manusia untuk melengkapi bagian tubuh yang hilang. []

Sumber: Biotika Fun


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.