Kalau Jodoh Suka Mirip, Kenapa?

INSIPIRADATA. Kita mungkin suka sering dengar bahwa kalau orang berjodoh itu mirip. Mereka yang berjodoh disebut-sebut memiliki kemiripan secara fisik. Tidak hanya fisik, kepribadian dan hal-hal yang mereka sukai juga bisa memiliki kesamaan. Apa benar begitu?

Dikutip dari Aladokter.com, menurut penelitian, orang lebih tertarik pada orang yang memiliki karakteristik wajah yang mirip. Hal ini terjadi karena kita cenderung lebih percaya pada orang yang memiliki wajah mirip, karena orang tersebut sudah seperti keluarga kita sendiri. Namun, untuk menghindari hubungan sedarah, kita beralih ke orang lain yang memiliki wajah mirip.

Penelitian juga menemukan bahwa banyak pasangan yang memiliki karakteristik wajah atau daya tarik fisik yang sama. Misalnya sang istri memiliki karakter wajah ‘sosial’, maka sang suami juga memiliki karakter wajah yang sama, ‘sosial’. Kemiripan ini lebih cenderung membentuk hubungan jangka panjang.

Kemiripan non fisik yang terjadi pada dua sejoli juga mungkin bisa terjadi karena orang cenderung mengubah dirinya atau mulai menyukai hal-hal baru yang disukai juga oleh lawan jenisnya. Sebagai contoh, kita mulai tertarik dengan aliran musik tertentu ketika tahu pasangan kita juga suka dengan jenis musik seperti itu. Atau, kita jadi suka berkebun ketika pasangan memiliki hobi tersebut.

Lagipula, pada umumnya kita mungkin akan merasa lebih nyaman dan klik, kan, jika memiliki pasangan yang memiliki hobi atau kesamaan dalam beberapa hal dengan kita?  Mungkin itu yang mendasari orang memilih pasangan yang memiliki beberapa kemiripan dengan mereka. []


Artikel Terkait :

About Dini Sri

Check Also

alasan suami selingkuh

Perhatikan, 5 Hal Sepele Ini Bisa Jadi Tanda Pasangan Anda tengah Berselingkuh

Meski demikian, ada juga orang yang tetap biasa saja dengan HP. Kemana-mana dia tidak perlu terlalu sering memegang handphone. Membuka handphone kalau ada notifikasi saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *