vertigo
Foto: Boldsky.com

Kalau Kepala Terbentur, Ini Bahaya dan Penanganan Pertamanya

Kepala terbentur merupakan kondisi traumatic brain injury (TBI). Cedera kepala traumatik ini biasanya disebabkan oleh adanya pukulan atau sentakan terhadap kepala atau tubuh. Suatu objek yang menembus jaringan otak, seperti peluru atau bagian tengkorak yang retak, juga dapat memicu cedera di kepala.

Cedera kepala ringan dapat memengaruhi sel otak secara sementara, sedangkan cedera kepala sedang dapat menyebabkan memar, jaringan otak yang robek, perdarahan, serta kerusakan terhadap otak. Adanya trauma terhadap otak dapat berujung komplikasi jangka panjang, bahkan menyebabkan kematian.

Penanganan pertama kepala terbentur tidak boleh asal-asalan karena bisa saja cedera yang dialami tingkat keparahannya berat. Lalu, apa saja upaya pertolongan pertama saat kepala terbentur yang bisa dilakukan?

Derajat keparahan cedera kepala traumatik atau disebut juga dengan gegar otak, dapat bersifat ringan, sedang, maupun berat.

Cedera kepala ringan dapat menimbulkan gejala berupa perubahan status mental atau kesadaran seseorang. Sedangkan cedera kepala berat dapat menyebabkan seseorang tidak sadar selama beberapa lama, bahkan hingga menyebabkan amnesia.

Selain itu, bahaya kepala terbentur dapat menyebabkan cedera otak yang berpotensi menimbulkan epilepsi serta meningkatkan risiko kondisi lain, seperti penyakit Alzheimer, Parkinson, serta gangguan pada otak lainnya. Sekitar 75 persen cedera otak traumatik setiap tahunnya hanyalah gegar otak ringan.

Cedera otak traumatik akibat kepala terbentur dapat menimbulkan berbagai efek fisik maupun psikis. Sebagian tanda dan gejala dapat langsung muncul, sedangkan yang lainnya dapat timbul beberapa hari maupun minggu kemudian.

segera lakukan pemeriksaan untuk mendapatkan penanganan medis. Anda juga dapat bertanya seputar penanganan pertama kepala terbentur dengan dokter. []

SUMBER: www.klikdokter.com


Artikel Terkait :

About Muhamad Fauzan

Check Also

orang yang boleh meminta-minta

Jangan Sentuh 3 Bagian Tubuh Ini dengan Tangan!

Hasil penelitian juga mengungkapkan, orang yang menggunakan cincin atau memelihara kuku lebih dari dua milimeter membawa lebih banyak mikroba di tangannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *