kosmetik, bahaya, ibu hamil
Foto: Kanal247

Kalau Mau Pakai Kosmetik, Perhatikan, Ini Dampaknya bagi Kulit Anda

Kosmetik bukanlah hal asing bagi sebagian besar wanita. Bahkan persoalan mengenai harga dan varian produk yang sangat beragam tak menjadi masalah besar bagi beberapa wanita.

Namun, sayangnya tidak semua orang tahu efek yang bisa ditimbulkan kosmetik pada kulit. Bisa jadi, hal ini dikarenakan dampaknya yang tidak dirasakan secara langsung. Meski demikian, tidak ada salahnya Anda memahami hal yang akan terjadi pada kulit jika terlalu sering menggunakan kosmetik.

Kosmetik yang diaplikasikan ternyata dapat memiliki efek samping, seperti:

Alergi

Kondisi kulit yang terlalu sensitif dan pemakaian kosmetik yang berlebihan pun dapat menyebabkan alergi.

Memudarnya warna kulit

Pemilihan produk yang salah juga dapat menyebabkan memudarnya warna kulit secara permanen dan kerusakan serius pada kulit.

Terjangkit penyakit kronis

Beberapa penyakit yang bisa timbul karena penggunaan kosmetik antara lain anemia, kanker, intoleransi gula, dan masalah pernafasan.

Gangguan hormon

Kosmetik yang mengandung asbestos atau talcum powder dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormonal.

Terkena infeksi bakteri

Penggunaan pada daerah mata dapat membahayakan kondisi mata karena infeksi bakteri. Bahkan lebih buruk lagi, bisa menyebabkan kebutaan.

Di samping pengetahuan akan bahaya kosmetik untuk kulit, Anda sebaiknya lebih teliti dan jangan malas membersihkan muka, terutama setelah menggunakan kosmetik. Cucilah muka 2–3 kali dalam satu hari dengan sabun pembersih khusus wajah. Sempurnakan usaha Anda dengan mengonsumsi makanan bergizi dan minum air putih yang cukup, agar kulit terhidrasi dengan baik. []

SUMBER: www.klikdokter.com


Artikel Terkait :

About Muhamad Fauzan

Check Also

orang yang boleh meminta-minta

Jangan Sentuh 3 Bagian Tubuh Ini dengan Tangan!

Hasil penelitian juga mengungkapkan, orang yang menggunakan cincin atau memelihara kuku lebih dari dua milimeter membawa lebih banyak mikroba di tangannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *