Unik, Informatif , Inspiratif

Kampus Tetaplah Menjadi Tempat yang Netral

0

Oleh: Kesit Susilowati

Gerakan mahasiswa di banyak negara telah membuktikan kekuatannya sebagai sayap oposan pemerintah non partai. Kekuatan netral, kemampuan berpikir dan menilai objektifnya mampu menumbangkan rezim yang berkuasa. Di mana pun di bumi ini, gerakan mahasiswa selalu mengundang paranoia penguasa.

Karena status kampus yang netral harus tetap terjaga, agar perannya sebagai kontrol sosial tetap berlangsung, sudah tepat rasanya, bila kampus membatalkan seminar yang akan diadakan oleh salah satu partai pendukung capres.

Kehadiran partai di kampus hanya akan mengundang polemik. Kampus semestinya tempat para pemikir membuat konsep politik, bukan berpolitik. Apa jadinya bila kampus melakukan seminar, walau bukan dengan muatan politik, yang diadakan oleh salah satu partai? Ini bisa memberi kesan, dan mengundang kalkulasi keliru bahwa kampus memberi sikap kebulatan tekad.

Jika seminar yang mengusung nama salah satu partai pendukung capres diadakan, maka kampus harus mengerti, bahwa di jaman perdagangan bebas ini, ada istilah ‘tidak ada makan siang gratis’.

Jika partai itu jadi berkuasa, kampus tidak menanggung kehormatan baru, sebaliknya, bila partai lawan yang berkuasa, kampus bisa menanggung malu. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.