Unik, Informatif , Inspiratif

Kamu Generasi Milenial? Pasti Tahu Kata-kata Berikut Ini

0

Tahu istilah slang? Bukan group band ya. Slang merupakan bahasa ekspresi non formal yang sering digunakan untuk menyampaikan respon saat berkomunikasi baik di dunia nyata maupun maya.

Di era milenial saat ini mulai banyak bermunculan bahasa slang baru yang tengah ngetrend di kalangan anak muda. Apa saja bahasa slang tersebut. Dilansir dari liputan6.com  berikut lima bahasa slang kekinian.

Tercyduk

Tercyduk berasal dari kata terciduk (kata kerja: ciduk) yang berarti membekuk, mengambil atau menahan. Kata ini biasanya ditemukan dalam gaya penuturan berita formal. Contoh: Polisi Ciduk Preman Kampung Rambutan.

Tak berbeda dari arti aslinya, warganet pun membuat kata terciduk menjadi “tercyduk”. Fakta unik, kata ini adalah kata yang paling sering digunakan warganet di media sosial.

HQQ

Hakiki, berdasarkan definisi dari KBBI adalah “sebenarnya, sesungguhnya.” Namun dalam konteks media sosial dan dialog slang, penulisan kata ini keliru menjadi “HQQ” (mungkin untuk mempersingkat kata).

Panutanku

Berasal dari kata panutan yang berarti idola atau junjungan. Panutanku seringkali dipakai warganet sebagai ungkapan pujian. Versi nyeleneh dari panutanku adalah panutanQ (Q yang berarti ‘aku’ dalam ejaan bahasa slang).

Kids Jaman Now

Secara tata bahasa, kids jaman now tidak mengikuti aturan. Memang, secara arti: kids jaman now artinya anak-anak zaman sekarang. Bahkan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengingatkan warganet kalimat tersebut salah. Seharusnya, menurut ejaan sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasan Indonesia (PUEBI), seharusnya yang benar bukan ‘jaman’, melainkan ‘zaman’.

Tak diketahui dari mana asal kata kids zaman now, tetapi banyak yang menduga kata ini berasal dari meme Kak Seto yang beredar luas di media sosial.[]


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.