Unik, Informatif , Inspiratif

Kanker Serviks, Begini Gejala Umumnya

0 3.658

Faktor penyebab kematian para wanita kini lebih sering terjadi akibat penyakit kanker serviks. Sudah banyak yang tahu bahwa kanker serviks itu adalah penyakit yang menyerang organ rahim pada manusia. Namun yang jelas tidak banyak yang tahu tentang gejala dari penyakit mematikan ini.

Kanker serviks adalah kanker yang muncul pada leher rahim wanita. Leher rahim sendiri berfungsi sebagai pintu masuk menuju rahim dari vagina. Semua wanita dari berbagai usia berisiko menderita kanker serviks. Tapi, penyakit ini cenderung memengaruhi wanita yang aktif secara seksual.

Dan gejala kanker serviks yang paling umum adalah:

1. Pendarahan Pada Vagina
Pendarahan tidak normal dari vagina, termasuk flek adalah gejala yang sering terlihat dari kanker serviks. Pendarahan biasanya terjadi setelah berhubungan seks, di luar masa menstruasi, atau setelah menopause. Segera temui dokter untuk melakukan pemeriksaan jika terjadi pendarahan yang tidak normal lebih dari satu kali.

2. Cairan yang keluar tanpa berhenti dari vagina dengan bau yang aneh atau berbeda dari biasanya, berwarna merah muda, pucat, cokelat, atau mengandung darah.

3. Rasa sakit tiap kali melakukan hubungan seksual.

4. Perubahan siklus menstruasi tanpa diketahui penyebabnya, misalnya menstruasi yang lebih dari 7 hari untuk 3 bulan atau lebih, atau pendarahan dalam jumlah yang sangat banyak.

Sementara itu untuk gejala kanker serviks pada stadium akhir, gejala yang dapat dilihat adalah:

1. Terjadinya hematuria atau darah dalam urine.

2. Bermasalah saat buang air kecil karena penyumbatan ginjal atau ureter.

3. Perubahan pada kebiasaan buang air besar dan kecil.

4. Penurunan berat badan.
Pembengkakan pada salah satu kaki.

5. Nyeri pada tulang.

6. Kehilangan selera makan.

7. Rasa sakit pada perut bagian bawah dan juga panggul.

8. Rasa nyeri pada punggung atau pinggang, ini disebabkan karena terjadi pembengkakan pada ginjal. Kondisi ini disebut sebagai hidronefrosis.

Dan itulah pengertian dan Gejala yang dapat diketahui apabila anda mengalami kanker serviks. []

 

SUMBER: ALODOKTER

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline