Unik, Informatif , Inspiratif

Kapan Anak Mulai Belajar Membaca?

0 39

 

Pada usia yang sama, setiap anak memilki tingkat kecerdasan, kematangan emosi, kemampuan belajar yang berbeda. Maka usia tidak bisa menjadi patokan bagi setiap anak kapan anak tersebut siap belajar membaca.

Di Indonesia, umumnya anak TK sudah mulai diajarkan membaca, menulis, berhitung (Calistung). Sekalipun banyak pakar perkembangan bicara bahwa usia TK bukan usia untuk belajar Calistung, namun tetap saja kegiatan ini tetap berlangsung di TK.

Dalam sistem sekolah umum di Amerika Serikat dan Inggris, anak-anak seringkali didorong untuk mulai membaca sebelum mereka masuk sekolah formal. Beberapa anak siap untuk mulai membaca pada usia ini, dan sangat menyukainya. Di sisi lain, ada juga anak-anak yang belum siap membaca pada usia ini, terutama untuk anak laki-laki.

BACA JUGA: Sebut PAUD Bukan Pendidikan Anak, Dokter Muda Ini Tuai Hujatan

Sebagai jalan tengah, ada baiknya orang tua atau guru PAUD melakukan pemanasan dengan cara membacakan buku cerita. Atau memberi bacaan sederhana dengan gambar yang menarik. Bagi orang tua mungkin pandangan ini bisa juga jadi rujukan:

Balita usia 3-5 tahun diharapkan sudah memiliki ketertarikan untuk “membaca” gambar, simbol, dan logo yang ada disekitarnya. Untuk itu salah satunya anak membutuhkan exposure yang tinggi pada buku bergambar.

Pada usia 4-6 tahun balita baru mulai diharapkan mampu membaca gambar, simbol, dan logo.

BACA JUGA: Ayo Belajar Mendidik Anak Balita dengan Parenting Islami

Pada usia 5-7 tahun, selain mengenali bentuk dan pola, anak juga harus bisa memegang buku dengan baik dan mampu membalikkan dari kiri ke kanan. Keterampilan ini sangat berhubungan erat dengan perkembangan keterampilan motorik anak.

Anak-anak yang memiliki keterampilan secara natural, akan meminta untuk belajar lebih banyak, sementara anak-anak yang belum siap tetap akan mendapat keuntungan dari buku yang dibaca bersama-sama, yang nantinya akan membuat proses membaca lebih mudah ketika saatnya tiba.[]

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline