Unik, Informatif , Inspiratif

Kapan Lelaki Boleh Tatap Wanita?

0

Maklum saja ketika kita seorang aktivis dakwah menyimak pertanyaan ini. Apakah boleh melihat wanita yang bukan mahram dan selain istri?

Sebelim mengerucut kepada hal tersebut, Syaikh Muhammad bin Umar Nawawi al-Jawi asy-Syafi’i mengatakan, “Dibolehkan melihat wanita dalam rangka mengajarkan ilmu yang wajib baginya sebagaimana penjelasan as-Subki dan lainnya.

BACA JUGA: Rasulullah Menangis ketika Menceritakan Kaum Wanita, Kenapa?

Hal ini dibolehkan dengan syarat tidak dijumpai mahrom wanita tersebut atau guru ngaji wanita yang bisa mengajari wanita tersebut. Alasannya adalah analogi dengan masalah dokter mengobati wanita.

Syarat yang lain adalah manakala kerepotan jika mengajar di balik tabir. Tidak boleh memandang wanita dalam rangka mengajarkan ilmu yang dianjurkan untuk wanita tersebut.” (Syarh Uqud al-Lijain fi Bayan Huquq az-Zaujain hlm. 3, terbitan Syarikah an-Nur Asia)

BACA JUGA: Hukum Adzan untuk Wanita

Jadi, menurut Syeikh Nawawi al-Jawi, seorang ustadz laki-laki boleh menjadi narasumber pengajian ibu-ibu yang tidak ada hijab antara ustadz dengan murid-muridnya dengan beberapa syarat:

  1. Pertama, ilmu yang diajarkan adalah ilmu yang wajib, bukan ilmu yang hukumnya sunnah untuk dipelajari bagi si wanita.
  2. Kedua, tidak dijumpai ustadzah (pengajar wanita) yang bisa mengajarkan ilmu tersebut.
  3. Ketiga, materi yang disampaikan sangat sulit dipahami jika disampaikan dari balik tabir. []

SUMBER: YUFIDIA


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline