si kecil, Kapan Sebaiknya Buah Hati Dilatih Melepas Popok?
Unik, Informatif , Inspiratif

Kapan Sebaiknya Buah Hati Dilatih Melepas Popok?

0

Penggunaan popok untuk si kecil tentu memberikan banyak manfaat, baik bagi orang tua maupun untuk anak. Salah satunya bisa mengirit waktu.

Akan tetapi, tidak selamanya buah hati dipakaikan popok untuk menampung urin maupun kotoran mereka. Dan tidak baik jika popk terus menerus menjadi senjata si kecil.

Perlunya mengajarkan dan melatih buah hati untuk melepas popoknya kemudian menggantinya dengan celana dalam atau pakaian biasa.

BACA JUGA: Kenali Karakter Anak Sejak Bayi, Demi Sikapinya Kala Besar

Memang cukup ribet, tetapi pentingnya membut si kecil terbiasa dan memahami bahwa ia sudah tak perlu lagi memakai popok.

Sebuah studi yang dilakukan di American Academy of Pediatrics, menyebutkan, bahwa anak-anak sebaiknya dilatih mengenal toilet atau melepas popok secepat mungkin.

Dan memang disarankan agar orang tua melatih buah hatinya melepas popok saat si buah hati memang sudah siap secara mental. Siap di sini adalah ketika buah hati sudah patuh saat diminta pergi ke toilet saat ia ingin buang air kecil atau air besar.

BACA JUGA: Oh, Ternyata Ini sebab Bayi Berliur, Bukan karena “Ngidam”

Melatih anak melepas popok sebaiknya juga dilakukan pada buah hati yang sudah bisa bergerak aktif, bisa memanjat, berlari, berbicara dan melepas pakaiannya sendiri.

Semakin cepat buah hati melepas popok, ini tentunya memiliki banyak manfaat buatnya maupun orang tua. Buah hati bisa terhindar dari risiko ruam atau infeksi kulit akibat penggunaan popok. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.