Unik, Informatif , Inspiratif

Kapan Seseorang Dapat Disebut Kecanduan Gim?

0

Sebagian orang menganggap bahwa bermain video gim khususnya yang online, bukan hobi berbahaya. Namun, sebuah studi baru menemukan, terlalu sering bermain video gim online bisa memicu penyakit bernama internet gaming disorder.

Kecanduan bermain gim diklasifikasikan ke dalam salah satu penyakit mental pertama kali pada 2013. Ada lebih dari 40 tinjauan sepanjang 1991-2016 yang menyimpulkan kecanduan bermain gim adalah kondisi kompleks ketika hal itu menjadi sebuah obsesi.

BACA JUGA: Kecanduan Gadget, Ini Akibatnya

“Bermain gim berlebihan mengganggu suasana hati dan membuat seseorang mengabaikan hubungan sosial, tugas sekolah, pekerjaan, bahkan kebutuhan dasar fisiknya,” kata penulis studi sekaligus Kepala Psikolog di Departemen Psikiatri Anak dan Remaja Saarland University Hospital Jerman, Frank Paulus, lansir Health Day, Rabu (2/1/2018).

Kapan seseorang dikatakan kecanduan bermain gim?

Paulus mengatakan, salah satu cirinya adalah menghabiskan 8-10 jam bermain gim setiap hari atau 30 jam per pekan. Biasanya ini melibatkan permainan sistem grup dengan banyak pemain jarak jauh.

BACA JUGA: Keputusan WHO Soal Kecanduan Gim sebagai Gangguan Mental Ditentang Praktisi

Lingkaran setan cenderung menyelimuti para pecandu gim. Keterampilan sosialnya melemah, mengalami depresi, kecamasan, merasa terisolasi, hingga attention deficit hyperactivity disorder (ADHD). Hasil studi ini dipublikasikan dalam Jurnal Developmental Medicine & Child Neurology. []

SUMBER: HEALTH DAY


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline