Unik, Informatif , Inspiratif

Kapan Waktu Terbaik Mengganti Sikat Gigi?

0 67

Kesehatan gigi dan mulut sangat penting untuk dijaga. Pasalnya, mulut adalah bagian awal dimulainya proses pencernaan dalam tubuh kita.

Jika mulut dan gigi dibiarkan bermasalah, maka tentu ini akan berpengaruh pada asupan makanan kita. Siapa sih yang nyaman makan sambil menahan rasa sakit pada gigi atau sariawan? bener gak tuh?

BACA JUGA: Tidak Rajin Ganti Sikat Gigi, Begini Bahayanya

Nah, oleh karena itu, beberapa hal perlu diperhatikan dalam proses perawatan gigi dan mulut, salah satunya adalah kondisi sikat gigi.

Yap, bener banget, Sobat Inspira! Kondisi sikat gigi menjadi bagian penting dalam proses perawatan gigi dan mulut. Hal ini dikarenakan oleh sikat gigi yang sangat mungkin terkontaminasi bakteri dan mikroba ketika masuk ke dalam mulut Anda.

BACA JUGA: Begini Cara Bersihkan Sikat Gigi yang Benar

Virus dan bakteri dari mulut orang yang sedang terinfeksi, bisa hidup selama berminggu-minggu pada permukaan sikat gigi dan akan terus-menerus menyebabkan penyakit. Bahkan, dalam kondisi normal, mikroorganisme yang sehat dapat menyebabkan infeksi, terutama jika masuk ke dalam jaringan gusi yang sedang terluka.
Tuh, ngeri banget kan?

BACA JUGA: Kenapa Jeruk Jadi Pahit-pahit Gimana Gitu setelah Sikat Gigi?

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengganti sikat gigi Anda dengan yang baru secara rutin setiap 3-4 bulan sekali, atau ketika sikat gigi yang Anda gunakan sudah tidak nyaman meski belum mencapai 3 bulan.

Selain itu, ganti pula sikat gigi setelah Anda sakit. Karena sikat gigi yang digunakan orang sakit menyimpan banyak bakteri.

Jadi bagaimana, Sobat Inspira, kapan terakhir kali Anda mengganti sikat gigi? []

SUMBER: KOMPAS

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline