Foto: norton

Kapan Waktu yang Tepat Berikan Ponsel kepada Anak?

Ada sebuah pertanyaan besar dari para orang tua masa kini untuk anak-anaknya. “Kapankah sebaiknya memberikan ponsel kepada anak?”

Ponsel menjadi masalah terbesar karena secara tidak langsung banyak sekali sebab. Di saat usia anak masih dini, maka perhitungan yang cepat dan tepat terhadap pemberian ponsel kepada anak harus diperhatikan.

Meski ponsel memiliki potensi yang besar untuk memperkaya pengetahuan, tapi juga dapat menimbulkan masalah serius.

Banyak perdebatan dalam masyarakat mengenai kepemilikan ponsel di kalangan anak-anak. Lalu, kapankah orang tua perlu memberikan ponsel kepada anak?

“Tidak ada usia (pasti) kapan anak harus memiliki ponsel,” kata dr. Pamela Rutledge, Direktur dari Media Psychology Research Center, lansir Klikdokter. 

Menurutnya, pemberian ponsel berkaitan dengan kematangan anak, bagaimana ponsel tersebut digunakan, serta kemampuan orang tua untuk memahami bagaimana anak menggunakan gawai.

Umur yang tepat memberikan ponsel 

Sementara itu, menurut dr. Kathleen Clarke-Pearson, dokter spesialis anak dan anggota American Academy of Pediatrics, usia yang tepat untuk seorang anak menggunakan ponsel adalah 14 tahun ke atas. Hal ini dikarenakan pada usia ini seorang anak sudah memiliki kecerdasan emosi yang baik dan mampu bertanggung jawab.

Ia beranggapan bahwa memberi ponsel pintar pada anak di atas usia tersebut relatif lebih aman. Pemberian ponsel pintar sebelum usia 12 tahun terbukti berdampak negatif pada anak.

Sebuah studi menemukan, anak di bawah 12 tahun yang sudah bisa mengakses internet melalui ponsel, berisiko mengalami kecanduan ponsel pintar dan pornografi. Lebih dari 50 persen di antaranya ditemukan pernah melakukan sexting atau berkirim pesan seksual melalui ponsel.

Terlepas dari baik buruknya penggunaan gawai, khususnya ponsel untuk anak-anak, sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa terlalu banyak terpapar teknologi dapat menyebabkan anak-anak menjadi kurang konsentrasi, mengalami gangguan kognitif, dan temperamental. Oleh karena itu, jika anak Anda sudah memiliki ponsel, batasilah dan awasi pemakaiannya. []


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *