Unik, Informatif , Inspiratif

Kapankah Tangan Kita Perlu Dicuci?

0 29

Mencuci tangan sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Walaupun sering dianggap sepele, nyatanya mencuci tangan mempunyai dampak yang tidak sedikit. Hal ini terjadi karena tangan merupakan bagian tubuh yang paling sering bersentuhan dengan benda atau media yang mengandung kuman.

Aktivitas-aktivitas seperti berjabat tangan, memegang handphone, memegang gagang pintu, atau menulis sangat mungkin menyebabkan kuman menempel pada tangan kita. Walalu demikian, harus diingat juga, mencuci tangan tidak boleh dilakukan terlalu sering, dan berlebihan.

BACA JUGA: Hati-Hati, Ini Bahaya Sandal Jepit untuk Kesehatan

Nah, ada saat-saat tertentu yang mengharuskan Anda untuk mencuci tangan. Kapan saja? Berikut ulasannya:

1. Sebelum dan sesudah makan

Hal ini dilakukan untuk mencegah terkontaminasinya makanan yang akan dikonsumsi dan untuk mencegah kuman masuk ke dalam tubuh. Tak hanya sebelum makan, sesudah makan pun Anda juga dianjurkan untuk mencuci tangan.

2. Sebelum dan Sesudah Mengolah Bahan Makanan

Saat Anda menyiapkan bahan makanan untuk diolah, usahakan untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Makanan yang akan Anda masak ini bisa menjadi patokan kesehatan yang Anda inginkan. Jika Anda tidak mencuci tangan saat mengolah makanan, kuman akan ikut menempel pada olahan tersebut.

BACA JUGA: Jangan Asal Cuci Tangan, Begini Cara yang Benar

3. Setelah Buang Air Besar dan Air Kecil

Mengapa harus mencuci tangan setelah melakukan aktivitas ini? Agar kuman yang Anda dapatkan setelah buang air besar dan air kecil bisa mati. Aktivitas ini menyebabkan banyak kuman yang menempel. Pasalnya, Anda bersentuhan atau terkena kontak langsung dengan kotoran yang dibuang oleh tubuh. Jika tidak mencuci tangan dengan benar, bersiap-siaplah banyak penyakit yang akan menyerang Anda.

4. Setelah Menyentuh Binatang

Bulu binatang adalah penyumbang bakteri dan kuman yang sangat besar. Banyak kutu-kutu atau bakteri kecil yang tidak nampak pada mata saat Anda memegangnya. Jadi cucilah tangan Anda setelah memegang binatang kesayangan.

BACA JUGA: Anjuran untuk Mencuci Tangan setelah Bangun Tidur, Kenapa?

5. Setelah Memegang Benda/Fasilitas Umum

Semakin banyak orang yang menggunakan, berarti semakin menumpuknya bakteri dan kuman yang menempel pada benda tersebut. Benda umum itu meliputi uang, pintu, tombol lift, meja sekolah, pegangan pada kendaraan umum, bangku taman, dan banyak lainnya. Jika cuci tangan tidak Anda lakukan, bakteri akan terus mengikuti Anda. []

SUMBER: HIPWEE

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline