Foto: YouTube

Katarak Bayi Bisa Dicegah Saat Masih di Kandungan

Katarak pada bayi bisa dicegah sejak dalam masa kandungan. Demikian diungkapkan ahli penyakit mata anak Universitas Gadjah Mada, Doni Widyandana.

Jika saat mengandung, ibu berisiko terserang virus TORCH (Toxoplasa, Rubella, Cytomegalovarius, and Herpes implex Virus), hal ini dapat dilakukan dengan memberikan vaksin TORCH saat masa kehamilan.

Menurut Doni, dokter anak juga memiliki peran penting untuk ikut peduli pada mata anak. “Kebutaan tidak hanya buta dua mata, tapi juga bisa buta satu mata. Hal semacam ini lebih baik dideteksi sejak awal,” imbuhnya.

Jika memang ditemukan salah satu mata anak terdapat katarak, hal itu tidak dapat ditunda lagi.

“Harus segera diobati, dioperasi, diberi kacamata agar matanya dapat melihat normal dan tidak terjadi kerusakan,” sambung Doni.

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk melakukan pengecekan katarak pada bayi adalah menggunakan benda berwarna. Jika bayi masih dapat mengikuti benda tersebut, kemungkinan matanya masih normal.

Hal lain yang dapat dilakukan adalah menutup satu mata bayi. Jika saat mata ditutup bayi menunjukkan respon tidak nyaman, hal tersebut menandakan ada yang tidak beres dan perlu dilakukan pemeriksaan.

“Kalau bisa pakai senter. Diamati di bagian lensa yang hitam apakah ada titik putih atau tidak. Kalau ada putih-putih, itu mungkin katarak. Atau saat disinari terlihat seperti mata kucing, jangan-jangan ada tumor di matanya,” jelas Doni. []

Sumber: Kompas


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *