kawah raksasa
Foto: Geology IN

Kawah Raksasa Mengerikan Tiba-Tiba Muncul, Ini Penyebabnya

Sebuah kawah raksasa berdiameter 65 kaki atau 20 meter yang tiba-tiba muncul di lahan pertanian kedelai mengejutkan warga di sebuah daerah pertanian kecil, Coromandel, Negara Bagian Minas Gerais, Brasil. Kedalaman lubang tersebut pun sampai saat ini masih menjadi misteri.

Daerah terjadinya kawah tersebut dihuni oleh 28 ribu jiwa sebagai sentra perkebunan kopi, kedelai, dan jagung. Konon, karena kawasan Coromandel adalah kawasan pertambangan kapur, ini diduga menjadi penyebab kawah raksasa terbentuk.

Ahli geologi dari Federal University of Uberlndia mengunjungi langsung kawah tersebut untuk memelajari penyebab munculnya. Kesimpulan yang dia ambil adalah bahwa kawah tersebut bisa oleh disebabkan rekahan batuan dasar.

Ini mirip dengan apa yang ditemukan di Florida di mana batuan kapur membentang di sebagian besar negara bagian tersebut. Coromandel berdiri di atas kawasan batuan kapur yang rentan.

Ini juga alasan mengapa kebanyakan pematung tidak menggunakan batu kapur sebagai batu ukir. Alasannya batu kapur tak awet karena kandungan kalsium karbonat di dalamnya bisa melarutkan daun dan tanah yang akhir menyebabkan tanah di atasnya runtuh membentuk lubang.

Sebuah kawah raksasa berdiameter 65 kaki atau 20 meter yang tiba-tiba muncul di lahan pertanian kedelai mengejutkan warga di sebuah daerah pertanian kecil, Coromandel, Negara Bagian Minas Gerais, Brasil.

Dilansir Republika dari Forbes, Kamis (23/11/17), kawah di Coromandel bukan pemandangan umum bagi penduduk setempat. Beberapa warga menghubungkan keberadaan kawah itu sebagai bekas tempat jatuhnya meteorit. Namun, ilmuwan setempat mengatakan dampak dari jatuhnya meteorit sangat ekstrem.

Lokasi kawah tersebut kini diisolasi dari umum. Tujuannya supaya tidak ada warga atau hewan ternak yang jatuh dan terluka. Tempat ini juga berpotensi menjadi destinasi wisata baru.[]


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *