Unik, Informatif , Inspiratif

Kebersihan, Ternyata Bisa Menjauhkan Laknat Allah

0

Kebersihan adalah sesuatu yang harus dijaga oleh setiap manusia. Baik itu kebersihan diri maupun lingkungan. Dalam islam juga terdapat ajaran untuk mengutamakan kebersihan. Bahkan dikatakan bahwa kebersihan sebagian dari iman.

Berikut ini beberapa keutamaan kebersihan dalam islam:

1. Menghindari penyakit

Menjaga kebersihan juga berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Seseorang yang menyukai kebersihan maka lebih berisiko rendah terkena penyakit. Badannya cenderung sehat sebab jika tubuh atau lingkungan bersih maka kuman juga tidak akan bersarang.

2. Aktivitas berjalan lebih lancar

Lingkungan yang bersih memiliki pengaruh dengan semangat diri loh! Coba bayangkan saja, Anda beraktivitas di tempat yang kotor dan bau, tentunya jadi malas kan? Berbeda dengan bekerja di ruangan yang bersih, wangi , tidak ada benda-benda berserakan. Pastinya kerja pun jadi lebih semangat.

3. Mengamalkan sunnah Rasul

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah teladan bagi umat islam. Maka itu sudah selayaknya kita mengikuti apa-apa yang dilakukan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, termasuk dalam hal menjaga kebersihan yang merupakan bagian dari gaya hidup sehat Rasulullah.

4. Mentaati perintah Allah

Allah tidak menyukai sesuatu yang kotor ataupun najis. Maka itu, umat islam harus bersuci sebelum sholat dan baca Al-Quran. Serta sebaiknya bersuci juga ketika hendak berdizikir.

5. Menghindari Laknat Allah

Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Waspadalah dengan dua orang yang terkena laknat.” Mereka berkata, “Siapakah yang kena laknat tersebut?” Beliau menjawab, “Orang yang buang hajat di tempat orang lalu lalang atau di tempat mereka bernaung.” (HR. Muslim).

6. Terhindar dari hal-hal yang najis

Islam memerintahkan umatnya untuk menjaga kebersihan. Sebab orang-orang yang beribadah harus dalam kondisi suci. Apabila ada najis di tubuh maka ibadahnya tidak akan diterima oleh Allah Ta’ala. Maka itu, Anda harus benar-benar memperhatikan kebersihan.

Dengan menjaga tubuh dan lingkungan tetap bersih maka bisa memimalisir risiko badan terkena najis. Efeknya ibadah juga lebih enak dan yakin. Enggak perlu was-was atau takut ibadahnya sia-sia. Selain itu, kondisi tubuh yang suci juga lebih disukai oleh Allah Ta’ala. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.