Unik, Informatif , Inspiratif

Kebiasaan Balita Makan Upil Kering Bermanfaat? Bukannya Jijik Ya?

0 31

Apakah Anda memiliki anak yang masih balita di rumah? Jika iya, apakah Anda pernah memperhatikan tingkah laku anak yang mengupil kemudian dimainkan dan tak sedikit anak yang langsung memakannya.

Sebagai orang tua Anda pasti akan langsung menegur anak agar tidak melakukannya. Namun, di balik kejorokannya itu ternyata ngupil dan makan upil kering itu memiliki banyak manfaat terhadap tubuh.

BACA JUGA: Awas, Ngupil Ternyata Bisa Sebabkan Penyakit Berbahaya Ini

Ilmuwan dari universitas-universitas terkenal seperti Harvard dan Massachusetts Institute of Technology, mengatakan bahwa orangtua tak perlu melarang keras anak-anaknya untuk mengupil karena sebenarnya upil itu kumpulan dari bakteria baik.

Menurut, Dr. William Schaffner dari Vanderbilt University mengatakan bahwa setiap harinya tubuh kita memproduksi ingus dan upil melalui sistem pernafasan.

William mengatakan bahwa tidak menjadi masalah jika anak ngupil dan memakan upil. Karena dengan sendirinya, ingus dan upil sebenarnya tanpa kita sadari secara tidak sengaja masuk melalui lubang saluran pernafasan yang terdapat di dalam rongga mulut kita.

BACA JUGA: Penderita Asam Urat Dilarang Makan Emping? Ini Penjelasannya

Sebenarnya, hidung kita itu ibarat saringan dimana semua bakteri tersaring dan dikalahkan oleh tubuh. Dan para ilmuwan percaya jika kumpulan bakteri itu justru baik untuk meningkatkan imun tubuh anak dan orang dewasa.

Bahkan menurut Jurnal American Society for Microbiology, upil atau lendir dari hidung memiliki manfaat positif untuk mencegah lubang-lubang pada gigi. Bahkan pasta gigi dan permen karet yang mengandung unsur upil sedang dikembangkan saat ini. Wah memang terdengar sangat jorok ya.

Meski penjelasan di atas sangat mengindikasikan manfaat positif dari ngupil dan makan upil pada anak, hal yang harus diperhatikan adalah kebersihan jari saat anak anda ngupil. Agar tidak menyebabkan lecet dan mimisan. Namun untuk lebih manusiawi, bukan berarti penjelasan di atas mengharuskan anak Anda untuk memakan upil tapi hanya untuk mengetahui manfaat dari upil dan mengupil saja. []

 

SUMBER: HIPWEE

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline