kebiasaan
Foto : flickr.com

Kebiasaan Ini Merusak Rasa Percaya Diri, Namun Tetap Masih Dilakukan

Manusia Allah ciptakan dengan memiliki rasa percaya diri. Rasa percaya diri manusia pun pasti berbeda-beda, ada yang memiliki rasa percaya dirinya itu sangat besar, dan juga sebaliknya.

Kebanyakan manusia memiliki rasa percaya diri yang rendah, dan ini sudah menjadi hal yang umum. Manusia menjadi orang yang kurang percaya diri bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti ada trauma dalam kehidupan masa lalunya, membenci dirinya sendiri, tidak bangga menjadi diri sendiri, tak nyaman menjadi dirinya.

Hilangnya rasa percaya diri juga bisa disebabkan karena dari kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan sehari-harinya yang tanpa mereka sadari ternyata kebiasaan tersebut berdampak buruk bagi kehidupan mereka.

Seperti yang dilansir dari laman, brilio.net ini dia kebiasaan sehari-hari kita yang ternyata berdampak buruk bagi kehidupan.

1. Terus mengingat kegagalan yang terjadi sebelumnya
Orang cenderung akan memikirkan kegagalan secara mendalam hingga mengganggu aktivitasnya. Mereka tahu bahwa terlalu memikirkan hal buruk sama halnya membuang waktu. Akan tetapi tetap saja mereka melakukannya. Saat mengalami kegagalan, ambil pelajaran dari kegagalan tersebut, bukannya terus tenggelam dan terbayang akan kegagalan tersebut.

2. Mengabulkan anggapan orang lain tentang diri kita
Omongan orang lain memang lah menyita perhatian, terutama bagi omongan mereka yang sudah menyakiti hati. Walau tidak dipikirkan pun tetap saja terpikirkan. Meskipun tak sepenuhnya omongan mereka benar. Penghakiman orang tentang diri kita bisa membuat kita ikut terbawa arus. Kita pun seolah mengiyakan apa yang mereka ucapkan. Padahal sebenarnya diri kitalah yang tahu sebenarnya bagaimana diri kita.

3. Merasa khawatir dengan masa depan
Masa depan memang tak bisa ditebak bagaimana nantinya. Seringkali ketidakpastian akan masa depan ini menimbulkan rasa khawatir yang berlebihan, dan hal itu menjadikan kita ragu untuk melangkah karena takut terjadi kegagalan. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya kita bayangkan bagaimana kemungkinan terburuk dari tindakan yang kamu lakukan. Selain itu, berpikirlah positif bahwa hidup memang tak selalu menyenangkan.

4. Berpikir tidak ada yang lebih baik dari kita yang berakibat pada semua hal dikerjakan sendiri
Berhentilah berpikir bahwa orang lain tak memiliki kemampuan yang sama dengan kita. Mulailah menaruh rasa percaya pada orang lain. Karena semua hal tidak bisa dikerjakan dengan sendiri, dan manusia itu makhluk sosial, makhluk yang membutuhkan bantuan orang lain. Jika kita melakukannya sendiri, memang mungkin saja bisa namun akan hal itu akan membuat kita pusing.

5. Melihat masalah sebagai hambatan dibanding kesempatan untuk belajar
Ambillah sudut pandang dari masalah yang sedang kita alami. Mungkin saja dari masalah tersebut, kita bisa mendapatkan sebuah peluang untuk belajar. Allah menciptakan masalah bukan untuk membuat kita pusing, tapi Allah memberi masalah kepada manusia untuk menguji kesabaran dan daya tahan diri. Ingatlah! Bahwa Allah tidak akan memberikan ujian kepada manusia di luar kesanggupannya.[]


Artikel Terkait :

About Nuryani

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *