perempuan banyak gemuk
Foto: telegraph.co.uk

Kebiasaan Pagi Hari Ini Bisa Bikin Tubuh Gemuk Lho!

Sampai saat ini, kegemukan masih menjadi hal yang paling ditakutkan oleh kaum wanita. Bentuk tubuh proporsional memang masih menjadi hal yang sangat mempengaruhi tingkat kepercayaan diri bagi wanita. Sebenarnya, kegemukan tidak akan tejadi jika kita menerapkan pola hidup sehat berupa konsumsi makanan dengan gizi seimbang, dan sesuai kebutuhan kalori harian, juga rutin berolah raga.

Kedua hal di atas menjadi hal yang paling umum dan sederhana untuk menjaga bentuk tubuh agar tidak menjadi gemuk. Akan tetapi, ada hal lain yang sebenarnya menjadi beberapa penyebabkan kegemukan. Apap saja? Berikut di antaranya:

BACA JUGA: Ini Kenapa Anda Mudah Gemuk

1. Bangun Kesiangan

Idealnya, seseorang tidur selama 6 sampai 8 jam setiap harinya. Tidur lebih dari waktu ini bisa meningkatkan risiko kegemukan. Apalagi jika Anda terbiasa bangun kesiangan. Tak hanya meningkatkan risiko kegemukan, bangun kesiangan juga berisiko merusak sistem kerja tubuh dan meningkatkan berbagai risiko penyakit.

2. Malas Merapikan Tempat Tidur

Anda termasuk seseorang yang malas merapikan tempat tidur selepas bangun tidur? Anda juga termasuk seseorang yang malas membersihkan tempat tidur atau sekedar mengganti sprei? Penelitian yang dilakukan oleh National Sleep Foundation menemukan bahwa orang-orang yang malas menata dan merapikan tempat tidur mengalami peningkatan risiko obesitas atau kegemukan.

Tempat tidur yang kotor dan tidak nyaman akan membuat kualitas tidur tidak baik. Tidak baiknya kualitas tidur inilah yang memungkinkan seseorang mudah mengalami kegemukan.

BACA JUGA: Tak Ingin Gemuk? Jauhkan Diri Anda dari Hal Ini

3. Membiarkan Kamar Gelap

Dalam jurnal PLoS One menyebutkan jika membiarkan suasana kamar selalu gelap saat pagi sedangkan matahari telah muncul adalah kebiasaan buruk yang bisa meningkatkan risiko kegemukan. Kamar yang gelap juga meningkatkan risiko depresi, stres hingga pola makan buruk.

4. Melewatkan Sarapan

Usahakan untuk tidak melewatkan sarapan saat pagi. Selain buruk untuk kesehatan, melewatkan sarapan juga meningkatkan risiko kegemukan. Jika Anda berpikir tidak sarapan akan membuat tubuh langsing, Anda salah. Melewatkan sarapan justru meningkatkan risiko kegemukan, membuat gagal fokus, depresi, sistem metabolisme turun dan membuat porsi makan saat siang dan malam lebih besar.

5. Melewatkan Kegiatan Menimbang Berat Badan

Demi mendapatkan berat badan ideal, pastikan untuk rutin menimbang berat badan saat pagi. Menimbang berat badan ini juga sebagai langkah untuk mengontrol porsi makan dan mengetahui seberapa penting diet buat Anda.

Jadi, jangan malas buat menimbang berat badan yaaa! []

SUMBER: VEMALE


Artikel Terkait :

About Mila Munawwaroh

Check Also

orang yang boleh meminta-minta

Jangan Sentuh 3 Bagian Tubuh Ini dengan Tangan!

Hasil penelitian juga mengungkapkan, orang yang menggunakan cincin atau memelihara kuku lebih dari dua milimeter membawa lebih banyak mikroba di tangannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *