penyakit Alzheimer
Foto: Jigsaw puzzle

Kebiasaan Sepele yang Ternyata Tingkatkan Alzheimer

Setiap manusia pasti membutuhkan waktu untuk istirahat di malam hari, yaitu dengan tidur.

Jika kita kurang tidur, pasti akan merasakan hal kurang enak dalam tubuh kita seperti lemas, metabolisme menurun, mengantuk, dan bahkan mudah marah karena stres dan hormon tidak seimbang.

Bukan hanya itu efek dari kita kurang tidur. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan jurnal Neurology menemukan bahwa kurang tidur bahkan bisa meningkatkan risiko Alzheimer.

Penelitian ini dilakukan pada 101 individu dengan usia rata-rata 63 tahun dengan fungsi kognitif normal. Peneliti menemukan bahwa kurang tidur, mengalami insomnia dan mengantuk di siang hari, erat hubungannya dengan meningkatnya cairan spinal, indikator adanya penyakit Alzheimer.

Barbara B. Bendlin seorang Profesor obat-obatan University of Wisconsin School of Medicine and Public Health mengatakan, “memang tidak semua orang dengan masalah tidur akan mengalami penyakit Alzheimer, tapi kebiasaan buruk ini mengurangi kemampuan otak dalam mengeluarkan racun di dalam otak sehingga otak tak bisa menjalankan fungsi optimalnya dan justru mengembangkan Alzheimer.”[]

Sumber : Vemale


Artikel Terkait :

About Nuryani

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *