Inspirasi dan Data

Kebun Mawar Aleppo Itu Kini Berubah Jadi Pemakaman

0 148
taman-  - Kebun Mawar Aleppo Itu Kini Berubah Jadi Pemakaman -
Foto: zamanalwsl.net

INSPIRADATA. Sambil berdiri kaku, mulut pria itu tak henti-hentinya melantunkan ayat suci Al Quran. Disampingnya teronggok sebuah batu nisan, jadi pertanda seseorang telah membumi. Kembali ke dalam tanah.

Taman mawar itu, kini berganti menjadi pemakaman. Hantu kematian dengan cepat merubah keindahan kebun tersebut menjadi tempat bersemayam jasad manusia.

“Ini makam istri saya,” kata Muhammad Fahid sembari mengusap wajahnya.

“Setiap hari saya bangun untuk melihat ke makamnya dari balkon dan membaca ayat-ayat suci Al-Quran untuk arwahnya sambil mengenang hari-hari menyenangkan kami bersama,” katanya.

Kebun Hamidiyeh pun berganti nama menjadi Pemakaman Syuhada, sebab kebanyakan orang yang tewas adalah korban perang.

“Dulu ada kebun yang dipenuhi pohon dan setelah krisis, semuanya telah menjadi tempat pemakaman,” kata Alaa Addien Durbas kepada Xinhua.

Lebih dari 20 kebun telah menjadi kompleks pemakaman di Aleppo, karena angka kematian sangat tinggi. Orang harus mencari tempat lain untuk tempat peristirahatan terakhir keluarga mereka yang tewas.

Di Hamidiyeh, ada dua kebun, yang dipisahkan oleh jalan, dan kedua kebun tersebut dipenuhi oleh kuburan.

“Ke mana pun anda pergi sekarang di Aleppo, hampir semua kebun telah berubah menjadi pemakaman.”

“Selama krisis jumlah orang yang tewas telah bertambah dan tak ada tempat untuk menguburkan mereka, jadi fenomena ini telah mulai,” pungkas Durbas. []

loading...
loading...
Comments
Loading...