Unik, Informatif , Inspiratif

Kecanduan Game Online, Begini Cara Mengatasinya

0

Game online kini tersedia di mana-mana. Banyak orang yang tergerak untuk memainkannya. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak pun ingin mencoba memainkannya. Sehingga, dapat kita lihat di warung-warung internet banyak orang yang bermain game online tersebut.

Kesan pertama yang menyenangkan bagi seseorang saat bermain game online, membuatnya ingin bermain kembali. Alhasil, saking seringnya membuat ia kecanduan. Jika sudah begini, aktivitas lain yang penting terabaikan. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

1. Miliki Niat dan Tekat yang Kuat untuk Berubah
Jika Anda serius untuk berhenti dari kecanduan ini, memang hal pertama yang harus Anda miliki adalah tekad serta kemauan yang kuat untuk terlepas dari kebiasan tersebut. Memang awalnya akan mengalami kesulitan untuk tetap bisa menjaga komitmen. Namun percayalah, bila niat Anda kuat, maka Anda akan bisa melewatinya dengan baik, motivasilah diri Anda bahwa Anda pasti bisa berubah.

2. Perkuat Hubungan Anda dengan Allah SWT
Hal yang satu ini tidak dapat Anda sepelekan karena dengan lebih mendekatkan diri kepada Allah. Anda akan lebih percaya diri bahwa Anda dapat berubah. Berdoalah selalu dan perbanyak mengikuti kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya.

3. Pikirkan Selalu Dampak Buruknya
Dengan selalu memikirkan dampak buruknya, sedikit demi sedikit Anda akan mulai menjauhi game online tersebut. Karena dengan cara ini Anda akan tersugesti seandainya hal-hal buruk tersebut menimpa diri Anda sendiri.

4. Berhentilah Bermain Game Online
Karena Anda sudah berkomitmen untuk sembuh dari kecanduan ini, maka Anda harus mau untuk berhenti memainkan permainan tersebut. Jangan Anda mengurangi durasi bermain Anda, tetapi berhentilah saat itu juga. Karena bila Anda hanya mengurangi durasinya, maka keinginan untuk memainkannya pasti akan muncul kembali, bahkan mungkin lebih besar, sehingga Anda tidak dapat mengendalikannya.

Pikirkanlah selalu bahwa lebih baik tidak memainkannya daripada terjerumus lagi. Namun suatu saat, ketika Anda sudah dapat mengendalikan kecanduan Anda, bila tiba-tiba Anda ingin memainkannya, maka Anda tidak perlu merasa khawatir karena pasti Anda sudah bisa mengendalikan diri Anda.

5. Terbuka pada Orang Terdekat
Ceritakanlah tentang kecanduan yang Anda alami kepada keluarga Anda supaya keluarga Anda dapat memberi dukungan atau jalan keluar untuk Anda. Jangan malu untuk berkata jujur kepada mereka. Dengan keterbukaan Anda itu akan memberi kepercayaan diri untuk terlepas dari kecanduan game online.

6. Menjauhkan Diri dari Perangkat Game Anda
Segera kemasi dan sembunyikan perangkat game Anda supaya Anda tidak tergoda untuk memainkannya lagi. Usahakan di kamar Anda tidak terpasang perangkat game online. Karena kurangnya pengawasan dari orang terdekat atau dari orang tua Anda, maka Anda akan tergoda untuk memainkannya tanpa adanya teguran dari mereka.

7. Melakukan Hal Positif saat Waktu Luang
Sebisa mungkin luangkan waktu Anda untuk melakukan kegiatan lain selain bermain game online. Perbanyak kegiatan positif yang bisa Anda lakukan seperti bersenda gurau dengan keluarga, olahraga, menulis blog, bermain musik, dan sebagainya. Buat diri Anda sesibuk mungkin dengan hobi baru Anda sehingga Anda tidak memiliki kesempatan untuk memikirkan bermain game onlline kembali.

8. Berbaurlah dengan Orang Lain
Berinteraksi dengan orang lain sangat penting bagi manusia. Oleh karena itu, mulailah keluar rumah jangan mengurung diri di kamar. Hubungi segera teman-teman Anda untuk kumpul bersama membahas kegiatan yang positif. []

Sumber: keluarga.com


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.