Kecanduan Sosmed? Atasi dengan Ini

16

jejaring-sosial -  - Kecanduan Sosmed? Atasi dengan Ini -INSPIRADATA. Pernahkah menghitung berapa lama Anda membuka media sosial? Beberapa media sosial yang dimiliki seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path, dan lain sebagainya, tidak terasa telah menguras waktu Anda. Tadinya membuka laptop untuk mencari materi tugas, terabaikan ketika membuka media sosial.

Membuka media sosial tidak terlalu mengganggu apabila yang Anda buka adalah hal-hal yang bermanfaat yang mampu menambah wawasan Anda. Tapi bagaimana jika berjam-jam lamanya Anda membuka media sosial dengan tidak bermanfaat?

Parahnya Anda tidak bisa menghentikan kebiasaan tersebut, seperti telah kecanduan media sosial. Nah berikut ini ada tips-tips untuk menghidarkan Anda dari kecanduan media sosial.

Batasi waktu penggunaan

Jika Anda sudah merasa terbius dan merasa ada yang kurang saat tidak menggunakan media sosial, ada baiknya Anda mengurangi porsi bermain media sosial Anda dalam sehari. Misalnya saja sebelumnya full 24 jam buka media sosial, sekarang Anda pangkas menjadi 1 jam atau 2 jam saja membuka dan bermain media sosial.

Sibukkan diri Anda

Untuk bisa mengurangi rasa kecanduan dari media sosial, Anda bisa mencoba menyibukkan diri. Mungkin sebelumnya Anda menggunakan waktu senggang hanya untuk membuka media sosial. Kenapa tidak mencoba memanfaatkan waktu luang untuk ber atau menyiram bunga?. Intinya, sibukkan diri Anda, maka Anda akan bisa meminimalisir rasa kecanduan Anda terhadap media sosial.

Read More

Renungi apa manfaatnya

Jika memang Anda merasa sudah begitu kecanduan, sekarang coba Anda pikirkan lagi, sebenarnya apa manfaat positif ketika Anda bermain media sosial seharian penuh. Apakah hanya untuk mendapatkan gelar “tetap eksis” di media sosial? atau alasan lainnya? coba renungkan lagi.

Mematikan koneksi internet

Entah itu laptop atau handphone, jika ada koneksi internetnya, seringklai begitu menggoda dan memancing Anda untuk bermain internet, browsing, download dan tentu saja bermain media sosial. Untuk mencegah Anda teringat dan terpancing membuka media sosial, secara ekstrim Anda bisa mencoba mematikan dulu koneksi internet Anda jika memang hal itu memungkinkan.

Tidak selalu memegang handphone

Salahsatu alat mungil dan canggih saat ini adalah smartphone. Handphone merupakan salah satu alat yang biasa digunakan oleh banyak orang untuk mengakses internet, termasuk membuka media sosial di manapun mereka berada. Hal inilah yang memicu rasa kecanduan. Anda bisa meminimalisir rasa kecanduan media sosial dengan tidak terus menerus memegang handphone. Anda bisa memasukkannya ke dalam tas atau cara lainnya.

Yang paling penting adalah, coba Anda bandingkan berapa lama Anda berinteraksi dengan media sosial, dan berapa lama Anda berinteraksi dengan Al-Quran? Semoga tidak terjadi kejomplangan waktu antara keduanya. Setidaknya luangkan waktu jangan hanya untuk membuka media sosial lalu update status, tapi bukalah Al Quran lalu update pengetahun kita dengan mengaji isi kandungannya. Semoga bermanfaat. [Mila/Inspiradata]

(Visited 12 times, 1 visits today)
loading...
loading...