Foto: Intisari

Kedapatan Mencuri, Turis Australia Ini Diarak Warga Bali

Foto: Intisari

INSPIRADATA. Turis, identik dengan kaya, tajir, keren dan sebagainya. Itu mungkin karena persepsi dangkal yang kita pahami tentang orang asing. Namun bagaimana jika turis mencuri? Kok Bisa?

Kejadian ini terjadi di Gili Trawangan, Bali. Menurut laporan BBC, sepasang turis asal Australia diarak warga karena kedapatan mencuri.

Turis ini diarak massa dan dikalungi papan bertuliskan, “I am thieve. Don’t do what I did.” Artinya, “Saya maling, jangan lakukan apa yang aku lakukan.”

Menurut Oji Nuria Manggala, salah satu yang menyaksikan turis itu diarak massa, sepasang turis asing asal Australia tersebut tertangkap kamera sedang mencuri sepeda. Mereka juga tak bisa menolaknya.

Seperti diketahui, praktik mengarak orang-orang yang berbuat kejahatan atau asusila sudah lama eksis di kepulauan Gili. Selain Gili Trawangan, juga Gili Air, dan Gili Meno.

Muhamad Fauzal, Kepala Kantor Pariwisata Nusa Tenggara Barat, mengatakan praktik ini merupakan persetujuan antara warga dan polisi. Kebanyakan terjadi di Gili Trawangan, pulau paling maju dari tiga kepulauan Gili, Lombok, atau sekitar 40 km sebelah timur Pulau Bali.

Fauzal menambahkan, biasanya pelaku kejahatan yang diarak adalah orang lokal. Tapi, tak jarang juga turis asing yang mabuk kemudian menciri dompet karena kehabisan uang. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Rahasia Televisi, Bisa ‘Membius’ Otak

TV merupakan contoh yang sangat baik sekali bagaimana perangkat ini mempengaruhi pikiran Anda sebagai akibat pengaruh yang ditimbulkannya kepada otak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *