Foto: butikdeha.com

Anda Pengantin Baru? Kenali Tanda-tanda Kehamilan Ini

Bagi wanita yang baru menikah, terkadang merasa kesulitan mendeteksi tanda kehamilan pertama. Hal itu dikarenakan belum adanya pengalaman dan pengetahuan tentang kehamilan tersebut.

Tanda kehamilan di bulan pertama penting diketahui. Hal itu agar yang bersangkutan bisa menjaga kehamilannya sejak di bulan pertama. Disitat dari bidanku pada bulan pertama kehamilan, janin di dalam rahim sudah mulai membesar dan tumbuh. Pada saat inilah rahim akan mengumpulkan protein dan energi yang lebih besar. Lalu apa saja tanda-tanda kehamilan tersebut?

Inilah tanda-tanda kehamilan di bulan pertama :

1.Menstruasi Terhenti
Wanita yang mesntruasinya terhenti biasanya dianggap memasuki masa kehamilan. Akan tetapi, tanda seperti ini biasanya berlaku bagi mereka yang mempunyai siklus haid teratur. Menstruasi yang berhenti biasanya diakibatkan oleh pembuahan yang terjadi pada ovum sehingga tidak menimbulkan sisa sebagai darah menstruasi.

  1. Morning Sickness
    Morning sickness akan berlangsung selama satu hingga tiga bulan pertama kehamilan. Selanjutnya akan sembuh dengan sendirinya. Hanya saja untuk Anda yang mengalami hingga periode trimester kedua dan mengganggu kesehatan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

3.Mengeluarkan Bercak Darah
Implantasi embrio yaitu proses melekatnya janin pada rahim. Ketika janin menyerap pada nutrisi dan oksigen di dalam tubuh maka akan menempel dan menyerap nutrisi. Hanya saja bercak darah yang dialami oleh wanita hamil karena implantasi tidak berlangsung lama, hanya 1-2 hari dalam jumlah yang sedikit.

  1. Suhu Badan Meningkat
    Ketika ovulasi suhu tubuh wanita mengalami kenaikan dari kondisi normal pada umumnya. Hanya saja wajar terjadi , ketika ibu hamil satu bulan tubuh bekerja untuk mengumpulkan energi, inilah yang menyebabkan jumlah darah di dalam tubuh leih meningkat hingga 50%.
  2. Mudah Lelah
    Pada bulan pertama kehamilan tanda wanita hamil adalah mudah lelah. Kebutuhan nutrisi ibu hamil dan juga kinerha tubuh akan mengalami peningkatan karena sudah memenuhi du orang di dalam tubuh dan membuat tubuh anda terasa lelah. (Baca juga: tanda-tanda wanita hamil)
  3. Pusing Hingga Pingsan
    Hingga sangat disarankan untuk berhati-hati dalam menjaga kehamilan. Apalagi kebutuhan nutrisi dan kebutuhan darah akan lebih meningkat sehingga menyebabkan ibu mengalami gangguan pusing bahkan hingga membuat pingsan.
  4. Sakit Punggung
    Sakit punggung yang dialami oleh ibu hamil diantaranya karena didorong oleh beban rahim yang sudah terisi oleh punggung untuk dapat menyesuaikan dan menahan beban. Sehingga sakit punggung wajar terjadi pada kehamilan pertama asalkan tidak menganggu aktivitas sehari-hari. (Baca juga: tanda-tanda hamil muda)
  5. Ngidam Makanan
    Pada bulan pertama kehamilan yang mungkin terjadi adalah ngidam makanan. Ibu hamil seringkali menginginkan makanan tertentu.Kondisi ngidam ini memang sangat umum terjadi dan dikenal oleh masyarakat sebagai tanda kehamilan. Ngidam ini dapat terjadi karena adanya perubahan hormon di dalam tubuh. Ada keinginan dari ibu hamil untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu dan janin.

Nah, jika Anda mengalami tanda-tanda yang disebutkan tersebut, segera pastikan kehamilan tersebut. []


Artikel Terkait :

About Hasan Fe

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *