Teluk Aqabah

Keistimewaan Teluk Aqabah yang Ternyata tidak Hanya Terletak pada Pemandangannya Saja

INSPIRADATA. Liburan adalah keinginan setiap orang, menyambangi tempat-tempat yang baru menjadi salah satu kegiatan yang mengasyikan bagi sebagian orang. Pada umumnya, tempat-tempat yang kita jadikan destinasi liburan adalah, pantai, gunung, museum, dan masih banyak lagi. Tapi, pernahkan terbesit keinginan untuk pergi ke tempat wisata yang mengandung nilai religi?

Jika memang anda hobi berkunjung ke tempat-tempat yang memiliki ikatan kuat dengan sejarah peradaban Islam. Maka, Teluk Aqabah menjadi salah satu tempat istimewa yang tak boleh anda lewatkan. Demikian disitat dari Dream, Jumat (5/5/2017).

Teluk Aqabah merupakan cabang Laut Merah yang terletak di sebelah Timur Semenanjung Sinai. Meski letaknya berdekatan dengan negara Arab Saudi, Aqabah berada di bawah otoritas Yordania.

Teluk Aqabah menyediakan pemandangan yang akan memanjakan mata anda. Bentangan lautan biru dan hamparan bukit serta pasir, mampu membuat diri anda takjub akan kebesaran-Nya.

Tak cuma panorama cantik itu, Teluk Aqabah juga dikenal memiliki biota laut yang langka. Sehingga banyak menarik kunjungan wisatawan mancanegara. Menariknya lagi, Aqabah juga kerap digunakan sebagai arena latihan menyelam bagi para atlet pemula.

Namun diluar itu semua, hal yang istimewa dari teluk Aqabah tidak hanya dari sektor wisatanya saja. keistimewaan Teluk Aqabah yang begitu luar biasa adalah namanya yang termaktub dalam Alquran Surat Al Kahfi ayat 60. Dalam ayat tersebut dijelaskan mengenai Aqabah sebagai tempat yang menyimpan sisa sejarah bertemunya Nabi Musa dan Khidir AS.

“Dan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada muridnya: ‘Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke pertemuan dua buah lautan atau aku akan berjalan sampai bertahun-tahun.”

“Pertemuan dua buah lautan” yang dimaksud dalam ayat tersebut adalah Teluk Aqabah dan Teluk Suez yang keduanya bertemu di Laut Merah.

Kemudian pada surat yang sama ayat 65 Allah berfirman, “Lalu mereka bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berikan kepadanya rahmat dari sisi Kami, dan yang telah Kami ajarkan kepadanya ilmu dari sisi Kami.”

Masya Allah, tidak ada salahnya anda mengunjungi tempat yang satu ini, sambil liburan bersama keluarga, anda dapat menyelami hikmah dibalik kebesaran Allah SWT. []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *