Kekuatan Ekonomi Indonesia, Australia dan Batas Teritorial

0

Pertimbangan lainnya adalah Indonesia tidak memiliki perselisihan teritorial dengan China di Laut China Selatan, namun China mengatakan kedua negara memiliki “klaim yang tumpang tindih” di perairan tersebut, tepatnya di perairan Natuna.

BACA JUGA: Ternyata Faktor-faktor Ini yang Buat Anak-anak China Cerdas

Indonesia mengatakan, perairan Natuna adalah bagian dari zona ekonomi eksklusif-nya. Di kawasan itu, Indonesia pernah terlibat “bentrok” dengan China beberapa waktu lalu.

Profesor Hugh White, Ahli Strategi dari Australian National University (ANU) mengatakan, untuk sementara dia tidak berpikir bahwa Australia dapat dengan mudah mengatakan kepada Indonesia apa yang harus dilakukan.

Percakapan yang lebih berkelanjutan antara Canberra dan Jakarta mengenai kepentingan bersama mereka akan menjadi langkah yang penting.

Australia juga perlu memperkuat hubungannya dengan Indonesia, yang menurut Profesor White telah menjadi “sangat transaksional” di bawah pemerintahan yang berturut-turut.

“Hubungan dengan Indonesia bisa lebih penting daripada hubungan lain yang kami miliki dalam membantu kami mengelola kebangkitan China, dan perubahan di Asia yang akan dibawa,” katanya.

BACA JUGA: Ternyata, Terlalu Banyak Beri Anak Ekstrakulikuler Itu Tak Positif Lho!

“Mereka sudah berurusan dengan (Indonesia) tentang isu-isu spesifik seperti terorisme atau manusia perahu, hal-hal semacam itu, tetapi belum mencoba membangun basis pemahaman dan kerja sama strategis yang sangat penting, yang menurut saya akan sangat penting bagi kepentingan Australia.”

Departemen Luar Negeri dan Perdagangan (DFAT) Australia menyatakan, Indonesia adalah salah satu mitra bilateral terpenting Australia.

“Kami memiliki hubungan yang erat, komprehensif dan bertahan lama yang mencakup berbagai bidang mulai dari ekonomi, perdagangan dan investasi, hingga pertahanan dan keamanan, serta hubungan antar orang-orang, pariwisata dan pendidikan,” kata DFAT melalui seorang juru bicara dalam sebuah pernyataan.

BACA JUGA: Ilmuwan Australia Pakai Bakteri untuk Olah Sampah Elektronik Jadi Emas

“Menteri Luar Negeri akan mengunjungi Indonesia bulan depan, menegaskan kembali pentingnya hubungan dan potensinya untuk tumbuh lebih jauh.” []

SUMBER: ABC | SINDO

Artikel Terkait :

Kamu Sedang Offline