Kekurangan Sampah, Negara Ini Justru Impor Sampah dari Negara Lain

INSPIRADATA. Anda mungkin setengah tidak percaya dengan fakta ini. Saat Indonesia dipusingkan dengan urusan sampah yang menggunung dan memicu terjadinya berbagai masalah, negara ini justru kekurangan sampah dan mengimpornya dari negara lain.

Seperti dikutip dari situs resmi pemerintahan Swedia, dalam beberapa tahun terakhir negara ini memang mengimpor sampah dari beberapa negara lain di Eropa seperti Inggris.

Yang menjadi pertanyaan, masa sih di negara ini tidak ada sampah sama sekali, apalagi sampai harus impor?

Usut punya usut, ternyata 99 persen sampah di Swedia di daur ulang sehingga habis tak bersisa, sementara mesin pendaur ulang sampah harus terus berjalan.

Swedia memang jagonya dalam hal pemilahan dan daur ulang sampah. Sebanyak 50 persen dari sampah itu diolah menjadi energi di Swedia dan menghasilkan listrik bagi 250 ribu rumah dan pemanas bagi 950 ribu rumah di saat musim dingin.

Budaya daur ulang sampah telah lama diterapkan di Swedia. Sejak tahun 1991, Swedia adalah negara pertama yang menetapkan pajak tinggi untuk penggunaan bahan bakar fosil.

Hasilnya saat ini hampir setengah dari kebutuhan energi listrik dipenuhi oleh bahan bakar terbarukan.

Anna Carin Gripwall, direktur komunikasi Avfall Sverige, asosiasi manajemen sampah Swedia mengatakan, pada 2016 Swedia mulai menggalakkan kampanye bernama gerakan “Miljonar Vanlig”.

Gerakan tersebut merupakan gerakan mengurangi sampah besar dengan cara memperbaikinya, memberikannya ke orang lain atau menggunakannya lagi. []


Artikel Terkait :

About Eki Baehaki

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *