Unik, Informatif , Inspiratif

Kelebihan dan Kekurangan Belanja Online

0

Oleh: Kesit S

Percayalah, inovasi baru yang memudahkan kehidupan lahir dari kemalasan. Kemalasan membuat kita berpikir keras agar hidup menjadi lebih mudah dan santai.

Sebagaimana manusia menemukan roda untuk transportasi yang lebih mudah, penciptaan mesin cuci, dan aneka elektronik lainnya. Begitu juga penemuan belanja daring, karena rupanya untuk belanja pun manusia membutuhkan kepraktisan.

Ketika pembeli tertarik dengan barang yang dituju, ia cukup melakukan panggilan telepon dengan sang penjual ataupun mengetikkan sms sesuai aturan. Setelah pesan diterima, pembeli biasanya diharuskan mentransfer sejumlah uang ke rekening penjual dan barang yang dibeli pun akan dikirim baik melalui kurir (jika wilayah pengiriman masih cukup dekat) ataupun melalui jasa pos.

Pembayaran dapat dilakukan baik menggunakan kartu debit, kartu kredit, PayPal, memotong pulsa pelanggan (untuk transaksi lewat HP), cek, maupun COD (Cash On Delivery) yaitu pembayaran yang dilakukan ketika barang telah dikirim oleh penjual.

Cash On Delivery biasanya dilakukan melalui tatap muka antara penjual dan pembeli; penjual dapat menunjukkan barangnya sehingga pembeli yang tertarik bisa meneliti barang yang akan ia beli. Pembelian semacam ini biasanya melakukan pembayaran secara langsung/uang kontan. Selain tatap langsung antara penjual dan pembeli, COD ini bisa dilakukan antara kurir dan pembeli; biasanya penjual hanya akan melayani COD apabila daerah pembeli masih dapat dijangkau oleh penjual.

BACA JUGA: Instagram Bakal Punya Aplikasi Belanja Online

Keuntungan belanja daring

Lalu lintas macet, banjir, hujan, badai, tak lagi menjadi halangan bagi pembeli. Karena pembeli tidak perlu mengunjungi tempat penjualan baik itu toko, butik, mall, dan lain sebagainya. Pembeli cukup klik ke web yang dituju dan memilih barang yang dikehendaki.

1. Pemilihan barang bisa dilakukan dari rumah atau kantor sehingga pembelian bisa dilakukan berjam-jam tanpa harus keluar rumah

2. Penjual dapat menekan ongkos pembukaan toko karena melalui belanja online, penjual cukup memasarkan produknya melalui Internet

3. Pemasaran produk bisa mencapai seluruh dunia dengan biaya yang murah

4. Pembeli dapat membandingkan harga produk yang ingin dibelinya secara cepat untuk menemukan harga yang paling murah

Kekurangan belanja daring

1. Kualitas barang yang diinginkan kadang-kadang berbeda kualitasnya dengan yang tercantum di website.

BACA JUGA: 5 Trik agar Kuota Internet Tak Cepat Habis meski Sering Dipakai Nonton Video Online

2. Rentan aksi penipuan di mana banyak kasus ketika pembeli telah mengirim sejumlah uang yang disepakati, barang yang dibeli tidak dikirim

3. Rentan rusak atau pecah karena media pengiriman adalah pos

4. Rentan aksi pembobolan rekening karena pembayaran dilakukan melalui Internet

5. Marak aksi spamming karena setelah pembeli melakukan registrasi, penjual cenderung selalu mengirimkan katalog online melalui email pembeli dan hal ini cukup mengganggu privasi masing-masing pembeli dan penjual.

Jadi, kamu mau ke pasar atau memesan lewat internet?

SUMBER: WIKIPEDIA


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.