Kemenag Akan Laksanakan Sidang Isbat Sore Ini
Kemenag Akan Laksanakan Sidang Isbat Sore Ini

Kemenag Akan Laksanakan Sidang Isbat Sore Ini

INSPIRADATA. Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat pada Jum’at, 26 Mei 2017 sore ini, untuk menentukan awal puasa 1 Ramadan 1438 Hijriyah atau 2017 Masehi. Sidang tersebut akan digelar di Kantor Kementerian Agama Jalan MH Thamrin Jakarta mulai pukul 17.00 WIB.

“Dalam menentukan awal puasa tahun ini, Kemenag akan memantau hilal pada 77 titik di seluruh Indonesia,” kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais) Kementerian Agama M Thambrin. Seperti disitat dari CNNIndonesia, Jum’at (26/5/2017).

Thambrin mengatakan sidang isbat akan diawali dengan sesi prasidang berupa pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1438 Hijriyah oleh anggota tim hisab rukyat Kementerian Agama Cecep Nurwendaya pada pukul 17.00 WIB.

Sidang akan kembali dilanjutkan setelah jeda salat dan dibuka oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin serta dilanjutkan dengan laporan data hisab dan pelaksanaan rukyatul hilal oleh Direktur Urais.

Hasil sidang isbat kemudian akan disampaikan kepada masyarakat melalui konferensi pers.

Sidang isbat ini akan dihadiri oleh duta besar negara-negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Kemudian akan dihadiri pula oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Planetarium Jakarta.

Selain itu, juga ada pakar falak dari ormas-ormas Islam, pejabat eselon I dan II Kementerian Agama, dan tim hisab dan rukyat Kementerian Agama. []


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *