Kemendikbud Belum Temukan Motif Siswi Bunuh Diri terkait Ujian

Foto: PokeBeach

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyatakan kasus tewasnya seorang siswi SMK di Padang Sidempuan, Sumatera Utara, masih dalam investigasi. Siswi yang bunuh diri ini bernama Amelia Nasution. Ia diduga nekad melakukan hal ini karena merasa terintimidasi terkait Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

“Masih proses ya, jadi Pak Irjen belum melaporkan semuanya, karena belum selesai, masih investigasi,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kemendikbud, Ari Santoso seperti dikutip detikcom, Kamis (13/4/17) malam.

Meskit begitu, Ari mengaku belum dapat bicara lebih banyak terkait perkembangan investigasi. Nanti, kata dia, hasil investigasi akan disampaikan ke publik jika prosesnya sudah selesai.

Ari juga menyampaikan bahwa Mendikbud Muhadjid Effendy telah menginstruksikan agar kasus siswi bunuh diri ini diinvestigasi dengan detail.

“Diinvestigasi sampai detil. Nanti kalau memang ada bukti satu pelanggaran, pasti akan ada efeknya,” ujarnya.

Amelia Nasution merupakan siswi dari SMKN 3 Padang Sidempuan. Ia bunuh diri dengan cara meminum racun. Amelia diduga diintimidasi oknum guru setelah mengungkap adanya kecurangan USBN (sebelumnya ditulis UNBK atau Ujian Nasional Berbasis Komputer) di sekolahnya dengan memosting di media sosial.

Amel dan dua temannya berkomentar soal dugaan kebocoran kunci jawaban USBN yang dilakukan oleh oknum guru. Kemudian mereka dipanggil oleh pihak sekolah dan ada dugaan oknum guru melakukan intimidasi. Hingga akhirnya Amel mencoba bunuh diri dengan cara minum racun.

Mendikbud Muhadjir Effendy yang memerintahkan langsung pihak Kemendikbud pusat langsung menginvestigasi masalah ini. Muhadjir menurut Ari bahkan menugaskan langsung Irjen Kemendikbud, Daryanto.

“Pak Menteri sudah menyampaikan kalau ada faktor kesengajaan dari guru atau pihak yang terlibat, sanksi sangat keras,” jelasnya. []

SatuMedia


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *