Kuis Lucu di Facebook
Foto: TechnoStreak

Kemkominfo Bantah Pengguna Sosmed Wajib Bersertifikat Digital

Foto: TechnoStreak

INSPIRADATA. Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Semuel Abrijani Pangarepan, membantah wacana pemerintah akan mewajibkan pengguna media sosial di Indonesia memiliki sertifikat digital untuk keperluan verifikasi identitas. Demikian disitat dari Tribunnews.com, Rabu (22/2/2017).

“Saya tidak pernah mengatakan bahwa membuat akun sosial media diwajibkan memiliki sertifikat,” ujar Samuel.

Dia mengatakan bahwa penyelenggara layanan online Over the Top (OTT) seperti Twitter, Facebook, dan Google sebenarnya sudah menerapkan sistem verifikasi pengguna sendiri yang berupa mekanisme login lewat username dan password.

“Dengan adanya sistem verifikasi ini, sudah sangat efektif sekali untuk melakukan otentikasi. Karena hanya pengguna bersangkutan yang bisa melakukan login sehingga tidak perlu sertifikasi tambahan dari pemerintah,” jelasnya.

Samuel mengatakan bahwa istilah satu pengguna akun itu maksudnya jumlah akun diperbolehkan lebih dari satu, asalkan data penggunanya sama.

“Saya juga punya dua akun sosial media, satu untuk pribadi dan yang satunya untuk organisasi. Yang terpenting antara akun satu dan yang lain datanya sama,” ujar Samuel. []


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *