Foto: Holistic Kenko

Kenalan Yuk dengan Vitamin A Si Kaya Manfaat

Bagi Anda yang mempunyai keluhan tentang penglihatan pada mata Anda tentulah akan akrab dengan Vitamin A. Vitamin A memang menjadi sahabat baik bagi kesehatan mata.

Namun, tahukah Anda? vitamin A adalah bukan hanya dibutuhkan oleh kesehatan mata saja, Vitamin A juga salah satu nutrisi yang dibutuhkan dalam banyak proses biologi.

Jika ditelisik dari segi manfaatnya, berbagai sumber ilmu kesehatan menyebutkan bahwa kandungan pada vitamin A terdapat antioksidan sangat baik untuk berbagai kesehatan yang termasuk didalamnya untuk penglihatan, kesehatan kulit, gigi, jaringan tulang, dan jaringan halus. Vitamin A juga mengandung retinol yang membantu produksi pigmen pada retina mata.

Dilansir dari laman Very Well, Vitamin A bisa diperoleh dari berbagai sumber makanan. Tidak hanya dari buah dan sayur-mayur, vitamin ini juga bisa didapat dalam bentuk suplemen.

Vitamin A bisa didapat dari berbagai makanan dengan sumber hewani, seperti kuning telur, produk susu, dan minyak ikan. Sementara itu, buah-buahan dan sayuran mengandung karoten, yang oleh tubuh kemudian diubah menjadi vitamin A.

Beta-karoten dan alfa-karoten adalah dua sumber penting karoten yang kemudian diubah menjadi vitamin A. Sumber-sumber karoten adalah aprikot, brokoli, wortel, daun-daunan hijau, berbagai jenis jeruk, dan ubi.

Inilah dianatara dari manfaat Vitamin A untuk kesehatan,

Kanker

Menurut laporan yang dimuat Cancer Causes & Control pada 2011, vitamin A membantu mencegah kanker payudara. Hasil penelitian lain menyebutkan vitamin A baik untuk mengurangi risiko terserang kanker paru-paru dan usus.

Penyakit mata

Vitamin A dipercaya bisa membantu mengatasi glaukoma, begitu pernyataan yang dimuat Cancer Causes & Control. Menurut hasil penelitian, vitamin A bisa mencegah tekanan oksidatif yang bisa menyebabkan perkembangan glaukoma. Selain itu, karoten seperti lutein dan zeaxantin ampuh melawan katarak.

Kekebalan tubuh

Laporan Annals of Nutrition and Metabolism menyebutkan vitamin A bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Menurut penulis laporan tersebut, kekurangan vitamin A akan melemahkan respons imunitas tubuh sehingga menurunkan kemampuan tubuh melawan infeksi. []

Sumber: Tempo


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

orang yang boleh meminta-minta

Jangan Sentuh 3 Bagian Tubuh Ini dengan Tangan!

Hasil penelitian juga mengungkapkan, orang yang menggunakan cincin atau memelihara kuku lebih dari dua milimeter membawa lebih banyak mikroba di tangannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *