Unik, Informatif , Inspiratif

Kenapa Hoax Mudah Menyebar?

0

Dunia seolah ada di ujung jari kita, ketika semua berita dapat kita kendalikan dan dapatkan kapanpun dan di manapun. Sayang, hal tersebut berdampak negatif pula. Karena tak semua berita pun dapat dibenar dan dipertanggungjawabkan.

Sebut saja hoax, Salah satu informasi hoax yang sempat membuat resah di Indonesia antara lain kabar tentang masuknya 10 juta tenaga kerja asal China ke Indonesia, atau Disneyland akan dibangun di Boyolali, yang cepat sekali merebak.

BACA JUGA: Andi Arief Terseret Kasus ‘Hoax’ 7 Kontainer Surat Suara Sudah Tercoblos, Ini Tanggapan Demokrat

Dibandingkan berita faktual atau asli, informasi bohong dengan judul-judul yang menarik memang dengan cepat menjadi viral. Harian The New York Times menyebutnya sebagai “virus digital”.

Ini Sebabnya

Keterbatasan rentang perhatian manusia ditambah dengan informasi yang sangat deras di media sosial dianggap menjadi penyebab hoax gampang menyebar.

Penelitian menyebutkan, seseorang cenderung melihat “bias informasi” dan hanya menaruh perhatian, serta menyebarkan informasi yang sesuai dengan kepercayaannya. Bahkan meski informasi tersebut palsu.

Penjelasan lain mengenai fenomena hoax ini menyatakan bahwa banyak orang kurang peduli pada kredibilitas sumber berita. Apakah sebuah informasi berasal dari situs “abal-abal” atau yang memiliki kaidah jurnalistik.

BACA JUGA: Bahaya Bohong Atas Nama Nabi Muhammad

Di lain pihak, saat mencari informasi online kita sering mendapatkannya dari teman. Karena kita cenderung percaya pada teman, saringan kognitif di otak kita menjadi lemah. Kita percaya begitu saja pada apa yang ia bagikan. Apalagi kalau teman tersebut selama ini kita kenal jujur maka kita merasa tak perlu memeriksa apakah informasi itu fakta atau palsu.

Ini sebabnya media sosial menjadi lahan yang subur untuk menyebarkan kabar bohong. []

SUMBER: NEW YORK TIMES


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.