Kenapa Besi Bisa Berkarat?

besi-berkaratINSPIRADATA. Anda pasti pernah melihat besi berkarat, kan? Pernahkah Anda berpikir, bagaimana mungkin besi bisa berkarat? Dan apa yang sebenarnya yang menyebabkan besi berkarat?

Dikutip dari soktau.com, besi yang berkarat terjadi karena adanya proses korosi pada besi. Apa itu korosi? Korosi adalah suatu reaksi redoks yang terjadi antara suatu logam dengan senyawa lain yang ada di sebuah lingkungan – misalnya di udara atau di air – dan menghasilkan sebuah senyawa baru yang tidak dikehendaki, yaitu senyawa oksida.

Korosi atau karat yang terjadi pada besi adalah akibat dari reaksi antara besi, oksigen, dan air yang ada di udara yang kemudian membentuk oksida besi. Pagar, jendela, pintu, dan benda lain yang terbuat dari besi, bisa mengalami korosi karena adanya kontak dengan udara dan air.

Proses berkarat ini kemudian bisa dipercepat karena adanya unsur garam. Coba Anda perhatikan, besi-besi atau tiang pancang yang ada di sekitar pelabuhan pasti lebih mudah berkarat dibandingkan besi-besi di tempat lain yang tidak mengandung banyak garam. Itulah sebabnya semua kendaraan mobil atau motor yang sering melewati wilayah pantai akan mudah mengalami korosi.[]

 


Artikel Terkait :

About Hida

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *