Unik, Informatif , Inspiratif

Kenapa Kamu Tak Bisa Menabung?

0 31

Mau Naik haji? Umroh? Keliling dunia? Beli rumah? Beli mobil, tapi rasanya mustahil? Yaiyalah mustahil bila keinginanmu itu hanya impian, tanpa disertai usaha. Di zaman konsumerisme mendera setiap inci kehidupan, kamu mungkin tak merasa bersalah terhanyut di dalamnya .

Tapi bila kamu membuat daftar seperti dibawah ini, mungkin kamu bisa sadar, betapa kamu adalah orang yang beruntung. karena ternyata kamu bisa menabung dengan memangkas hal yang tak perlu.

Berikut ini hal-hal yang mungkin menyadarkan –betapa cukupnya kamu- sesungguhnya.

Gofood

Kamu tertelan iklan ‘mudah, cepat, sedap’? apalagi saat lapar, dikombinasikan dengan hujan deras, banjir. Jadi tiada jalan lain, kamu mulai memesan makanan hantaran. Coba hitung jika ini sering kamu lakunan, berapa ongkos antarannya? Dalam seminggu. Sebulan. Setahun. Kamu pasti kaget sendiri, ternyata nilai pemborosan di sisi ini mencapai angka sekian.

Jadi kenapa tak mulai menyimpan stok makanan di rumah? Bahan mentah diolah sendiri, atau bawa bekal bila ke kantor?

Safari Kafe

Coba menongkrong di sana, di sini, ujung-ujungnya hanya untuk selfi? Jangan kecewa, bila aktivitas unmanfaat ini membuatmu tak bisa menabung
Sering beli baju

Ini adalah aktivitas yang sering dilakukan wanita. Sangking fokusnya wanita dengan masalah baju, beberapa adegan film menunjukan bingungnya wanita memilih baju pada lemari baju yang penuh.

Singkatnya, segera sadarlah, bahwa membeli baju tidak sama dengan membeli beras. Coba hitung, berapa nominal belanja bajumu yang tak perlu itu dalam setahun?

Beli barang tak perlu

Nyaris sama dengan kasus baju, kamu sudah punya, tapi ingin memiliki yang jenis, type, warna lain. Seperti lipstik misalnya. Sudah punya yang merah, merasa ingin punya yang merah muda. Atau warna lain… oooh ayolah, ini kan lipstik bukan pinsil warna!

Makanan upgrade

Itu lhoo, semacam makanan tambahan yang centil. Semacam menambahkan toping pada makanan dan minuman. Coba makanan yang tanpa spesial itu, berapa beda harganya? Toh tambahan itu tak terlalu penting. Tapi kamu tak perlu kejam juga ya, seperti beli nasi padang, jadi nasinya sajaa.

Terlalu sering traveling

Tiap minggu traveling? Wow! Berapa dana yang kamu perlukan untuk menginap dan wisata kuliner?

Kurangi saja intensitasnya. Atau pilih cara jalan-jalan yang hemat. Semacam ke taman kota, atau tempat hiburan biasa. []

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline