Keju berlubang, keju di film tom and jerry
Foto: Keju berlubang (joko)

Kenapa Keju di Kartun Tom and Jerry Berlubang? Ini Faktanya!

Keju berlubang, keju di film tom and jerry
Foto: Keju berlubang (joko)

INSPIRADATA. Anda pecinta keju dan penggemar film kartun Tom and Jerry? Pernahkah anda melihat dan membandingkan tayangan dimana keju di film kartun tersebut tampak berlubang, sementara keju yang biasa kita beli di toko ataupun super market tidak berlubang?

Apakah keju berlubang itu hanya imajinasi dalam film saja?

Dilansir oleh IDN times, ternyata keju dengan lubang yang banyak itu benar-benar ada di kehidupan nyata. Keju tersebut merupakan keju Swiss. Selain karena dibuat di Swiss, ciri keju ini berwarna kuning dan memiliki lubang yang tersebar.

Lubang di badan keju bukan dibuat dengan sengaja supaya keju tersebut terlihat unik dan beda dari keju lainnya. Hal ini merupakan hasil kerja dari bakteri baik dalam proses pembuatan keju. Bakteri tersebut adalah Streptococcus thermophilus, Lactobacillus helveticus, dan Propionibacterium shermanii.

Dua bakteri pertama bertugas memproduksi lactic acid tertentu yang kemudian dikonsumsi oleh bakteri Propionibacterium shermanii. Nah, Propionibacterium shermanii inilah yang kemudian menghasilkan lubang-lubang di badan keju Swiss. Dalam proses mengonsumsi lactic acid, bakteri Propionibacterium shermanii juga menghasilkan acetate, propionic acid, dan karbon dioksida.

BACA JUGA: 

Benarkah Masyarakat Indonesia Penganut Nasisme?

Yuk, Cari Tahu Siapa Pemilik Ide Pembuatan Sedotan

Dalam proses pembuatannya, karbon dioksida menghasilkan gelembung-gelembung di dalam badan keju, entah itu keju yang berbentuk block atau wheel. Lubang ini kemudian berfermentasi dan membentuk lubang. Hasil kerja dari bakteri baik ini juga membuat keju Swiss memiliki citarasa yang berbeda dari keju lainnya. []


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *