Unik, Informatif , Inspiratif

Kenapa Malam Hari Kita Mengantuk?

0 138

Mengantuk pada dasarnya adalah sinyal alami yang dikirimkan oleh otak kepada tubuh kita apabila sel-sel otak mulai lelah dan butuh istirahat.

Lalu pertanyaannya, mengapa otak butuh istirahat?

Dalam kurun waktu 24 jam, pada umumnya manusia memerlukan waktu istirahat (tidur) selama 7 hingga 8 jam. Jika kurang dari itu, tubuh akan terasa lemas dan sulit berkonsentrasi.

BACA JUGA: Meninggal di Malam dan Hari Jum’at, Bebas dari Siksa Kubur?

Sel otak yang telah bekerja seharian akan mengalami kekurangan oksigen dan menjadi lelah. Oksigen sangat diperlukan oleh sel otak untuk tetap mendapatkan cukup energi untuk beraktifitas. Apabila otak mulai kekurangan oksigen, produktivitasnya akan terganggu dan perlu istirahat (tidur) untuk memulihkan diri.

Untuk bisa beristirahat, otak yang kelelahan itu akan mengirimkan sinyal ke seluruh tubuh kita melalui perasaan mengantuk dan ingin tidur. Dan bahaya yang akan ditimbulkan jika dpaksakan terus bekerja.

BACA JUGA: Luka Terasa Sangat Sakit pada Malam Hari?

Coba bayangkan, otak yang sudah capek bekerja seharian dipaksakan untuk tetap bekerja dengan pasokan oksigen sebagai sumber tenaga yang minim. Pernah dengar kutipan bahwa kita akan lebih cepat mati akibat kurang tidur dibandingkan kekurangan makan?

Hal itu mungkin benar adanya, sebab tidak ada obat untuk sel otak yang kelelahan selain tidur yang cukup. Jadi, untuk memastikan otak kita mendapatkan cukup oksigen dan tetap bisa bekerja dengan baik hingga usia tua, pastikan kamu mendapatkan istirahat yang cukup. []

SUMBER: SAINSME

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline