Unik, Informatif , Inspiratif

Kenapa Setelah Berenang jari Menjadi Keriput? Ini Faktanya!

1
, Kenapa Setelah Berenang jari Menjadi Keriput? Ini Faktanya!
Foto: Jari Keriput (berita aneh)

INSPIRADATA. Apakah anda hobi berenang? atau beraktivitas lama dengan air? Pastinya anda akan mendapati jari tangan anda menjadi keriput? Namun setelah beberapa waktu berselang anda jari tangan anda akan kembali seperti semula.

Pasti anda bertanya, apa yang terjadi dengan jari tangan anda? Namun pasti anda akan mengira bahwa jari anda kedinginan setelah beraktivitas terlalu lama di air.

Dilansir oleh CNNIndonesia, Ilmuwan berpendapat itu adalah sebab proses osmosis, sehingga jari kaki dan tangan keriput setelah berendam dalam air dalam waktu lama.

Selama jangka waktu yang beberapa lama merendam tangan dalam air, kulit pada jari- jari akan menyerap air. Dan peristiwa masuknya air kedalam kulit akan memperluas area permukaan kulit, tetapi tidak terjadi pada jaringan di bawahnya, oleh sebab itu menciptakan efek mengerut.

Keratin adalah protein yang ditemukan di kulit, rambut dan kuku. Mereka mampu menyerap air dengan konsentrasi lebih tinggi daripada bagian tubuh lainnya.

Semakin banyak keratin yang terkandung, maka akan semakin banyak air yang terserap dan menjadikan lapisan atas kulit menjadi membengkak.

Berendam dalam bak mandi sebenarnya tidak melembabkan kulit, walau hanya sebentar. Air akhirnya akan dengan cepat menguap, meninggalkan kulit yang kering seperti sebelumnya.

Minyak aromaterapi yang biasanya diklaim mampu untuk melembabkan kulit, yang ditambahkan dalam air biasanya akan sulit terserap ke dalam kulit, ketika sabun juga dikombinasi dengan air hangat yang ada di bath up.

Oleh karena itu, metode yang baik untuk melembabkan kulit adalah dengan menggunakan minyak untuk mandi atau lotion setelah mandi.

Selain itu, para ilmuwan telah mengamati bahwa perendaman tangan dalam air dapat memicu saraf untuk memberitahu kepada pembuluh darah kulit menjadi berkerut.

Ketika mereka mengerut, kulit yang ada di atas akan ditarik ke bawah, sehingga akan menjadikan kulit seperti keriput dan bergelombang.

Kulit memiliki lapisan pelindung minyak yang disebut sebum, sehingga membuat kulit kita tahan air. Jika kamu berada di air untuk waktu yang singkat, sebum akan mencegah air masuk dan diambil oleh sel-sel kulit.

BACA JUGA:

Wisata Alor dari Keindahan Bawah Laut sampai Al-Quran dari Kulit Kayu

Tapi semakin lama kamu berada di air, akhirnya sebum akan berangsur larut dari permukaan kulit, sehingga air dapat terserap oleh sel- sel kulit.

Kurangnya sebum, ternyata juga dapat berpengaruh pada jangka waktu seseorang berendam dan akhirnya mendapatkan kulitnya sudah berkerut. Semakin kulit kamu kering, maka akan semakin cepat kamu mendapatkan keriput pada jari. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.