Unik, Informatif , Inspiratif

Kenapa Siang Ngantuk Tapi Malam Susah Tidur?

0

Cukup banyak orang yang mengeluhkan rasa kantuk dan lelah seharian, namun justru susah tidur begitu sudah merebahkan badan di tempat tidur saat malam hari.

Beberapa orang bahkan jengkel akan hal ini karena mereka sebenarnya sangat ingin tidur karena rasa lelah tersebut meski pada pagi hari. Sebenarnya, apa penyebab dari hal ini?

Pakar kesehatan tidur dari University of Pennsylvania bernama Philip Gerhman menyebutkan jika hal ini terjadi karena adanya aktifitas otak yang disebut sebagai conditioned arousal .

Aktifitas otak ini membuat seseorang tak kunjung tertidur meskipun kita sudah merebahkan diri di atas tempat tidur. Menurut Gerhman, hal ini terjadi karena otak menghapalkan kebiasaan tidur seseorang atau lingkungan dimana seseorang terbiasa tidur.

Yang menjadi masalah adalah, terkadang hal ini bisa membuat kita mengalami insomnia untuk beberapa waktu dan akhirnya menurunkan kualitas tidur dan kesehatan tubuh dengan signifikan.

Tips untuk  Ini

Untuk mengatasi hal ini, pakar kesehatan dr. Ronald Chervin dari University of Michigan Sleep Disorders Center menyarankan kita untuk kembali membiasakan otak untuk menganggap kasur sebagai tempat tidur, bukan sebagai aktifitas lainnya. Sebagai contoh, kita tak lagi menggunakan gadget di atas tempat tidur dan berusaha untuk lebih rileks di atas tempat tidur tersebut.

Selain itu, cobalah untuk membuat suhu udara kamar menjadi lebih nyaman, membuat lampu di dalam kamar lebih redup, dan menghindari asupan kafein terlebih dahulu. Menurut Chervin, pengendalian cahaya sangatlah penting untuk membuat kita kembali bisa tidur dengan nyenyak.

Hal ini dikarenakan cahaya lampu atau bahkan cahaya gadget ternyata bisa menurunkan produksi hormon melatonin, hormon yang bisa membuat kita mengantuk.

Selain melakukan berbagai tips di atas, cobalah untuk membangun kembali ritme tidur kita setiap malam. Biasakan untuk mulai tidur dan terbangun dengan jam yang sama, meskipun itu di akhir pekan.

Dengan melakukan hal ini, diharapkan kita bisa kembali tidur dengan nyenyak setiap malam.

Doktersehat 


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.