Unik, Informatif , Inspiratif

Kenapa Wajib Minum Air Putih Setelah Makan?

0

Makan dan minum kegiatan sehari-hari yang sering kali dilakukan, dan ini merupakan dua kebutuhan pokok makhluk hidup untuk bertahan hidup.

Maka, tidak lengkap rasanya kalau sehabis makan tidak minum. Namun, suatu isu dan mitos menyatakan, kalau minum sehabis makan bisa membuat sistem pencernaan jadi sakit.

Apakah benar isu tersebut? Lalu seberapa pentingnya selepas makan harus minum?

Minum air setelah makan penting sangatlah penting, karena bertujuan untuk melancarkan sistem kerja pencernaan.Tidak betul adanya kalau minum air setelah makan bisa membuat pencernaan jadi sakit.

Justru minum air putih selama atau setelah makan sebenarnya membantu pencernaan bekerja dengan baik. Minum air setelah makan juga terbilang penting untuk kesehatan.

Proses pencernaan yang dimulai dari mulut kita, di mana air dan cairan yang masuk setelah makan bisa membantu memecah dan melembutkan makanan sehingga tubuh kita bisa menyerap nutrisi dengan baik.

Selain itu, air juga bisa melembutkan feses, sehingga bisa membantu mencegah sembelit (susah buang air besar). Minum air setelah makan juga bisa membantu mengendalikan asupan kalori.

Minum segelas air besar setelah makan menciptakan rasa kenyang, yang bisa membantu mencegah hasrat untuk mendapatkan lebih banyak makanan.

Namun, jangan minum air putih setelah makan makanan pedas. Karena makanan pedas yang mengandung cabai, lada, paprika, atau merica yang mengandung senyawa khusus yang disebut capsaicin, terbukti dapat menghasilkan sensasi terbakar setelah terpapar jaringan di dalam tubuh manusia.

Saat memakan makanan yang pedas, sebaiknya minum susu atau minum yang rasanya asam, seperti jus jeruk atau perasan air lemon. Susu dan minuman yang asam lebih baik untuk “melunturkan” rasa pedas yang tersisa di mulut.

Sumber : Hellosehat.com


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline