Kentut, Ini Dia Fakta Menariknya

INSPIRADATA. Bau tak sedap yang seringkali menimbulkan perasaan malu, salah satunya adalah kentut. Padahal dalam sebuah studi menunjukkan kentut merupakan satu siklus dalam tubuh yang harus dikeluarkan.

Dan ternyata, dengan kentut, Anda bisa mencegah risiko penyakit kembung hingga kanker. Berikut ini ada beberapa fakta menarik mengenai kentut:

1. Fart, atau diterjemahkan sebagai kentut, merupakan salah satu kata tertua dalam bahasa Inggris. Kentut disebabkan oleh udara yang terjebak dari berbagai sumber. Udara ini merembes masuk ke usus dan dibawa oleh darah.

2. Gas kentut terdiri dari 59 persen nitrogen, 21 persen hidrogen, 9 persen karbon dioksida, 7 persen metana dan 4 persen oksigen..Dan, Sulfur lah yang membuat kentut berbau busuk.

3. Kentut yang menimbulkan suara biasanya terjadi karena getaran rektum. Sedangkan kenyaringannya dapat bervariasi.

4. Beberapa makanan seperti kacang-kacangan, kubis, keju, soda, dan telur dapat menyebabkan bau busuk saat kentut.

5. Orang kentut rata-rata 14 kali dalam sehari.

6. Meskipun banyak wanita tidak mengakui, ternyata wanita lebih sering kentut ketimbang pria.

7. Kentut seseorang yang terus menerus selama 6 tahun dan 9 bulan, bila diakumulasikan dapat menghasilkan gas dengan energi yang setara dengan bom atom.

8. Kecepatan gas kentut yang keluar hanya sekitar 10-15 detik

9. Kentut merupakan bagian alami dari sistem pencernaan. Menahan kentut dapat menyebabkan masalah kembung, dan gejala tidak nyaman lainnya pada perut. Dalam kasus terburuk, menahan kentut dapat menyebabkan wasir atau gangguan usus.

10. Di Cina, kentut menandakan Anda profesional. Sedangkan di Roma kuno, Kaisar Claudius mengesahkan undang-undang yang menyatakan kentut dapat diterima saat perjamuan.

11. Orang tetap bisa kentut setelah mati. Hingga tiga jam setelah tubuh mati, gas akan keluar melalui kedua ujung saluran pencernaan, sehingga jangan heran bila mayat juga bisa bersendawa atau mengeluarkan suara kentut.

Jadi, kentut yang sering kita anggap sepele pun ternyata bukan hanya mengandung keunikan tersendiri, melainkan juga manfaat, karena itu merupakan bagian dari mekanisme tubuh kita yang sudah dirancang Allah dengan sangat sempurna. []


Artikel Terkait :

About Susanti

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *