penyebab kepala pusing
Foto: Men's Health

Kepala Pusing seperti Berputar? Ini yang Terjadi

Anda pasti pernah memutar tubuh Anda sekencang-kencangnya, seperti anak-anak kecil yang bermain kejar-kejaran di dalam suatu ruangan. Anak-anak tersebut berlari mengelilingi ruangan hingga menyebabkan pusing.

Pandangan seperti ikut berputar-butar dan kaki tak memijak dengan baik, akhirnya susah untuk berdiri. Apa sebabnya kepala pusing setelah berputar tadi?

Hal itu pasti terjadi kepada siapapun, karena itu merupakan reaksi otak yang menerima sinyal yang salah atau error.

BACA JUGA: Teh Hijau Bisa Atasi Sakit Kepala karena Stres Kerja

Kamu harus tahu bahwa indera manusia seperti telinga tidak hanya berfungsi sebagai alat pendengar namun juga sebagai alat penyeimbang antara kanan dan kiri. Dalam telinga manusia terdapat 3 saluran semisirkularis yang berfungsi untuk merasakan gerak.

Di dalam telinga terdapat cairan endolymph dan sel-sel saraf sensorik rambut. Banyak orang mengenal cairan ini dengan nama rumah siput, karena bentuknya mengerucut seperti siput.

Cairan ini sangat sensitif terhadap gerakan kepala. Jadi jika kita mencoba miring maka, otak akan langsung bereaksi menyeimbangkan tubuh. Ketika berputar endolymph akan mengikuti pergerakan kepala dan mengirim sinyal kepada otak ke mana kita berputar.

Ketika kita berhenti berputar tiba-tiba, endolymph ternyata masih terus mengirim sinyal berputar kepada otak. Tentu hal ini yang memicu rasa pusing karena otak mengira masih berputar tetapi badan telah berhenti. Sinyal yang salah inilah membuat tubuh terasa sulit seimbang kembali.

BACA JUGA: Inilah 3 Makanan Pencegah Sakit Kepala

Begitu pula dengan astronaut yang hidup di antariksa. Mereka sering mengalami masalah itu karena tidak menemukan gravitasi. Sehingga tubuhya selalu melayang dan berputar, dan otak tidak dapat membaca pergerakan tubuh yang pasti.

Sama hal ketika kita menaiki roller coaster yang naik dan turun tiba-tiba. Setelah selesai barulah muncul rasa pusing dan perasaan ingin muntah.

Meski waktu kecil hal konyol seperti berputar putar layaknya gasing seringkali kita lakukan, baiknya sekarang hindari kegiatan tersebut karena dapat memicu terjadinya gejala vertigo, yaitu rasa pusing seolah-olah dunia terbalik. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

orang yang boleh meminta-minta

Jangan Sentuh 3 Bagian Tubuh Ini dengan Tangan!

Hasil penelitian juga mengungkapkan, orang yang menggunakan cincin atau memelihara kuku lebih dari dua milimeter membawa lebih banyak mikroba di tangannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *