Unik, Informatif , Inspiratif

Kepala Staff Presiden: 5 Tahun Kerja Keras Pemerintah Dipatahkan oleh Hoaks

0

JAKARTA– Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengomentari maraknya hoax atau berita bohong yang terus digencarkan kepada Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama 5 tahun terakhir.

Moeldoko mengeluhkan lima tahun kerja pemerintah dipatahkan oleh hoaks (hoax) melalui media sosial secara terus-menerus.

BACA JUGA: Jokowi: Ulama Mana Saja yang Dikriminalisasi?

“Pemerintah sudah bekerja luar biasa, tapi hanya dipatahkan dengan semburan berita yang tidak jelas, berita bohong, fitnah,” kata Moeldoko, pada Senin (11/02/2019).

Kemudian Moeldoko menjelaskan berita bohong yang disemburkan secara konsisten menciptakan sebuah post-truth, di mana kebenaran seolah menjadi tidak penting lagi sehingga akhirnya pembenaran yang dikedepankan.

“Ini memunculkan keragu-raguan, karena ini disemburkan terus-menerus dan konsisten. Maka sebagian besar kita kehilangan logika dan menyatakan itu benar. Ini sungguh berbahaya, siapa pun dia yang menyampaikan sungguh berbahaya,” ujarnya.

Kemudian ia mengistilahkan kondisi ini sebagai revolusi jari, di mana dalam hitungan detik sebuah informasi dan tanpa disadari masyarakat, hal tersebut ditelan tanpa diklarifikasi.

“Sekarang enggak. Siapa pun bisa mengatakan tadi, paradoks tadi, dengan mudahnya minta maaf. Bisa dibayangkan kita buat gonjang-ganjing lalu minta maaf, itu enggak sekali dua kali,” ungkapnya..

“Situasi yang saya gambarkan ini, tolong kita konfirmasi kepada diri kita dan institusi yang kita pimpin. Relakah kita, pimpinan kita menjadi korban dari sebuah pemberitaan yang kita tidak melakukan apa pun. Kalau saya tidak rela,” tuturnya.

BACA JUGA: LBH Pers Harap Jokowi Hati-Hati Berikan Remisi

Masyarakat saat ini seolah masa bodoh dengan kebenaran informasi yang diterimanya. Dan tanpa sadar ikut menyebarkan informasi hoax tersebut. []

SUMBER: VIVA.CO.ID


Artikel Terkait :

Comments
Loading...

Kamu Sedang Offline