keren anak medan sulap ampas teh jadi celengan berkelas
keren anak medan sulap ampas teh jadi celengan berkelas

Keren! Anak Medan Ini Sulap Ampas Teh Jadi Celengan Berkelas

INSPIRADATA. Apa yang anda lakukan pada ampas teh jika telah menggunakannya? Pastinya kebanyakan orang akan membuangnya, karena beranggapan bahwa ampas teh sudah tidak dapat dimanfaatkan lagi.

Dolansir oleh Otonomi, Rendy Prayoga pria asal Medan ini mengubah ampas teh yang semula dinggap hanya limbah rumah tangga menjadi sebuah karya yang sangat berkelas dan bernilai yaitu celengan dari limbah gulungan kain dipadu dengan ampas teh.

celengan dari ampas teh
celengan dari ampas teh

Dan yang lebih uniknya lagi dari celengan ini dilukis dengan wajah tokoh-tokoh terkenal seperti Soekarno, Mohammad Hatt, BJ Habibie, dan tokoh penting lainnya.

“Saya mulai membuat celengan ampas teh dari tahun 2012, tapi sempat berhenti karena gagal,” kata Rendy.

Rendy pun menjelaskan, berkat dukungan keluarga dan temannya, pada tahun 2013 lalu dia pun kembali memulai membuat celengan lagi.

Dalam pembuatan celengan, sarjana sistem informasi ini bekerja seorang diri. Dia menggunakan bahan seperti bekas gulungan kain, limbah teh, dan lem kayu. Khusus untuk bubuk teh, dia mengumpulkannya dari warung-warung kopi di sekitar rumah.

Hebatnya, celengan ini tidak sedikitpun menggunakan pewarna. Rendy hanya memanfaatkan bubuk teh untuk menghasilkan kontras warna yang diinginkan.

Bukan hanya tokoh nasional, Rendy juga mengkombinasi motif menarik mulai dari tokoh kartun hingga corak budaya lokal khas Sumut.

Rendy menjelaskan, dia lebih fokus untuk membuat motif tentang budaya lokal khas Sumatera Utara. Hal ini nantinya agar dapat mengangkat nilai-nilai budaya lokal seperti corak Melayu, dan Gorga khas Batak.

Kini, dia terus mengembangkan kreasi. Celengan bukan hanya dari bubuk teh tapi dikombinasi dengan serbuk kayu, serta ampas jamu yang sudah dikeringkan sehingga menambah keunikan dari kerajinan tangan ini.

Celengan dari limbah teh ini dibanderol dengan harga Rp50 ribu hingga Rp150 ribu tergantung motif dan tingkat kesulitannya. Selain celengan dari limbah teh, Rendy juga kerap menghasilkan karya lukisan yang berbahan dasar bubuk teh.

BACA JUGA: 

Hebat, Anak Bangsa Ciptakan Pesawat N219

Keren, Pelajar SMK Buat Film Animasi Setara Internasional

Produk celengan dari limbah teh ini sudah dipasarkan di beberapa kota Indonesia, seperti Banjarmasin, Lombok, Ternate, dan Ambon. Tak hanya dalam negeri, negara eropa, seperti Inggris, Perancis, dan Jerman pun membeli celengan limbah karya Rendy.

Dan lebih mengagumkannya lagi keahlian yang Rendy miliki semuanya belajar secara otodidak. []


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

fungsi pangkal tusuk gigi

Di Balik Populernya Tusuk Gigi di Dunia, Ini Sejarahnya

Sekitar tahun 1870, ia mampu memproduksi jutaan tusuk gigi kayu dalam satu hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *