Benteng terluas di dunia
Foto: Benteng terluas di dunia (wisata tanah air)

Keren, Benteng Terluas di Dunia Ada di Indonesia

Benteng terluas di dunia
Foto: Benteng terluas di dunia (wisata tanah air)

INSPIRADATA. Traveler, apakah anda pernah mengunjungi benteng terluas di dunia? Jika belum, sebaiknya anda harus mengunjungi benteng ini. Benteng terluas di dunia ini terdapat di Sulawesi Tenggara.

Dilansir oleh Detik, benteng terluas ini di beri nama Benteng Keraton Buton. Benteng ini tidak jauh dari Kota Bau-bau, Sulawesi Tenggara, hanya 3 kilometer saja dari pusat kota. Benteng Keraton Buton ini tercatat sebagai benteng terbesar di dunia dalam Guinness Book of Record juga di dalam Museum Rekor Indonesia (MURI).

Bagian halaman Benteng
Foto: Bagian halaman Benteng (Inspiradata)

Benteng ini memang terlihat begitu panjang dan luas. Menjelajah seluruh bagian benteng pun rasanya tak cukup dalam waktu sebentar, karena panjang keliling benteng mencapai 2,7 km dan luasnya 23,375 hektar.

Diluasnya area benteng ini, ada sekitar 12 pintu gerbang yang dibuat untuk ke dalam benteng. Salah satu pintunya mengarah ke tempat yang diyakini pernah menjadi persembunyian Sultan Bone bernama Arung Palakka.

Salah satu pintu dari 12 ointu di Benteng Keraton Buton
Foto: Salah satu pintu dari 12 pintu di Benteng Keraton Buton (Inspiradata)

Pintu lainnya yang sering dikunjungi turis adalah yang mengarah ke Masjid Agung Wolio atau Masjid Al Muqarrabin Syafyi Shaful Mumin. Di depan masjid terdapat tiang bendera yang usianya mencapai 300 ratus tahun.

Konon, batu-batu yang ada disusun hanya direkatkan dengan kapur serta putih telur saja. Entah bagaimana bisa putih telur mencengkeram kuat batuan di benteng hingga bertahan ratusan tahun, belum ada penjelasan lebih lanjut.

Diketahui, benteng ini di bangun pada abad ke-16 oleh sultan ketiga dari Kesultanan Buton, di wilayah Kerajaan Wolio. Raja pertamanya adalah seorang wanita bernama Raja Putri Wakaka. Namun pada abad ke-15 Kerajaan Wolio perlahan berganti nama menjadi Kesultanan Buton, seiring masuknya Islam ke Indonesia.

Usut punya usut, benteng terluas di dunia ini yang kemudian disebut dengan nama Benteng Keraton Buton dibangun atas bantuan Belanda. Kala itu, Belanda memang membangun mitra yang baik dengan Kesultanan Buton karena wilayah perairan Buton adalah pintu masuk ke Maluku untuk mencari rempah-rempah.

Hingga saat ini, fungsi benteng terluas di dunia ini pun berbeda dengan benteng-benteng lain yang ada di dunia. Fungsi benteng ini adalah sebagai tempat tinggal penduduk dan raja serta kepala-kepala adat.

Mereka tinggal di dalam benteng terluas ini bertujuan untuk tempat perlindungan dari serangan bajak laut. Selain itu dari benteng inilah pihak kerajaan dapat melihat kapal-kapal apa saja yang melintas karena lokasinya di ketinggian. Hingga kini terdapat 700 KK (Kepala Keluarga) yang masih tinggal di dalam Benteng Keraton Buton.

BACA JUGA:

Destinasi Wisata Danau Kaolin di Indonesia atau Islandia?

Geger, Pakai Tas Keranjang Khusus ke Pasar, Bule Ini Tetap ‘Kece’ di Mall

Bagi traveler yang berkunjung di siang hari, bisa sejenak berteduh di bangunan seperti bungalow di bagian benteng yang dekat masjid. Ada beberapa meriam terpasang di kanan dan kirinya. Pemandangan dari sana pun begitu indah karena posisinya memang di atas bukit.

Selain itu ada banyak sejarah di dalam benteng ini. Sejarah dari Buton adalah negara sebelum Indonesia, tata cara kehidupan rajanya yang arif dan masih banyak lagi. []


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *