Foto: GE Global Research

Keren! Berukuran Mini, Turbin Ini Bisa Penuhi Kebutuhan Listrik 10.000 Rumah (1)

Foto: GE Global Research

INSPIRADATA. Kemajuan zaman dan teknologi membuat manusia melakukan inovasi-inovasi yang memudahkan setiap pekerjaan manusia. Para ilmuan atau akademisi berlomba-lomba melahirkan produk inovatif guna menjadi inspirasi dan ide untuk melahirkan penemuan selanjutnya.

Begitu juga dengan penemuan proyek tim peneliti dari General Electric atau GE Global Research. Dikutip dari beberapa sumber, tim peneliti GE menemukan terobosan baru berupa turbin kecil yang mampu menggerakkan energi sebuah kota kecil.

Turbin itu berukuran tidak lebih besar dari ukuran sebuah meja. Selain itu, penggerak turbin ini bukan uap air biasa, melainkan Supercritical Carbon Dioxide atau karbondioksida superkritis.

Supercritical Carbon Dioxide ini disimpan di bawah tekanan tinggi pada suhu 700 derajat Celcius. Di bawah kondisi ini,karbondioksida memasuki kondisi fisik berupa bentuk antara gas dan cairan, yang memungkinkan turbin menghasilkan energi listrik super efisien. Kelebihannya, turbin mampu menransfer 50% energi panas menjadi listrik.

Doug Hofer, pakar GE sekaligus penanggung jawab penelitian, membenarkan turbin Supercritical Carbon Dioxide ini punya manfaat lebih. Turbin ini dapat membantu perusahaan memanfaatkan kembali limbah gas untuk memproduksi energi yang lebih bersih dan efisien.

Limbah panas yang dihasilkan dari pembangkit listrik lainnya, semisal matahari atau nuklir, dapat digunakan mencairkan garam. Kemudian garam cair ini digunakan merebus karbondioksida menjadi cairan superkritis yang akan menggerakkan turbin.
Selain itu, turbin dengan penggerak Supercritical Carbon Dioxide ini bekerja lebih cepat ketimbang penggerak berupa uap air biasa. Hanya dibutuhkan waktu satu sampai dua menit untuk menggerakan turbin pembangkit listrik ini. Padahal, jika sistem uap air pada umumnya membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit.[]

Bersambung…


Artikel Terkait :

About Tia Apriati Wahyuni

Check Also

fungsi pangkal tusuk gigi

Di Balik Populernya Tusuk Gigi di Dunia, Ini Sejarahnya

Sekitar tahun 1870, ia mampu memproduksi jutaan tusuk gigi kayu dalam satu hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *