Unik, Informatif , Inspiratif

Keren, Gerabah dari Desa Pagelaran Berhasil Curi Pasar Nasional

0

Produksi kerajinan gerabah warga Desa Pagelaran, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten telah berhasil mencuri pasar nasional. Hal itu tentu saja karena kualitas gerabah yang baik.

Warga dari ketiga RT (18, 19,20) di desa tersebut telah konsisten menggeluti pekerjaan sebagai pengrajin gerabah sejak 30 tahun lalu.

BACA JUGA: Misteri dan Nilai Filosofi di Balik Keramik Plered

Rabbani, salah satu pengepul gerabah dari tiga RT di Desa Pagelaran tersebut mengakui hal tersebut.

“Dari 100 KK disini 80% pengrajin gerabah semua, dulu malah ada satu RT lagi jadi genap 4 RT sebagai pengrajin Gerabah, namun satu RT tersebut berhenti,” paparnya.

Kerajinan gerabah yang dihasilkan ialah pot bunga, gendok ari-ari, cobek dan masih banyak lagi. Namun, yang paling banyak dipesan adalah gendok ari-ari.

“Gendok ari-ari ini gak abis-abis dipesan, pasti tiap bulan ada pesanan. Selain pasar tradisional, banyak rumah sakit bersalin yang memesan gendok ari-ari ini, bahkan sudah langganan,” tutur Rabbani.

BACA JUGA: Musim Hujan, Produksi Keramik Purwakarta Turun

Adapun daerah yang paling sering memesan gerabah adalah Kabupaten Pasuruan.

“Gerabah kami dikirim ke berbagai wilayah di Indonesia, termasuk Kalimantan dan Bali, yang paling sering memesan dari Pasuruan, Pandaan, ada juga pelanggan dari Bangil, dan Lumajang,” jelasnya.

Dalam kualitas, Rabbani menjamin dapat bersaing dengan gerabah dari wilayah lain. “Kualitas tak diragukan, kami jamin gerabah dari Desa Pagelaran ini bagus semua,” pungkasnya. []

SUMBER: TIMES INDONESIA | VIVA

 


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline