sandal anti pemerkosaan
Foto: Oddity Central

Keren! Remaja Ini Ciptakan Sandal Anti Pemerkosaan

Siddarth Mandala menciptakan suatu penemuan yang luar biasa. Remaja ini membuat sandal khusus bagi wanita, sandal listrik. Alas kaki ini dibuat untuk mencegah tindak pemerkosaan, karena dengan sandal ini, pemakai mampu melawan pelaku pemerkosaan dengan kejutan listrik.

Dilansir oleh Oddity Central, untuk memproduksi sandal anti pemerkosaan ElectroShoe ini, Siddarth menghabiskan waktu bertahun-tahun. Sandal ini dapat mengeluarkan aliran listrik sebesar 0,1 Ampere.

Sandal ini juga dapat memberi tahu keluarga atau polisi kalau si pemakai sedang berada dalam bahaya.

“Saya membuat papan sirkuit yang menggunakan langkah kaki untuk mengisi daya sendiri dengan konsep piezoelektrik yang saya pelajari di kelas fisika. Semakin banyak pengguna berjalan, semakin banyak energi yang dihasilkan dan disimpan dalam baterai isi ulang,” kata remaja dari Tengalana ini seperti dilansir oleh The Better India.

Siddarth bercerita bahwa ia pernah tersetrum berkali-kali saat mengembangkan alas kaki ini. Alas kaki ini membuatnya sadar bantuan dari ilmuwan sangat diperlukan.

Remaja ini juga “mengganggu” programmer dan insinyur selama bertahun-tahun, baik secara online maupun offline untuk mendapatkan jawaban yang dibutuhkan. Dia juga mengatakan bahwa tak sedikit orang yang muak dengan pertanyaan yang dia ajukan.

Setelah 17 kali membuat purwarupa dan gagal, akhirnya Siddarth mendapatkan model dengan versi yang layak.

“Saat bereksperimen, saya tersetrum dua kali dan teman saya, Abishek mimisan. Tapi, saya tak ingin menyerah. Saya teringat kata-kata penemu favorit saya, Thomas Edison yang berkata, ‘Saya tidak gagal dalam 1.000 kali. Bohlam adalah penemuan dengan 1.000 langkah’,” kata dia.

Siddarth mengatakan ElectroShoe ini belum dijual dan masih dalam tahap pengembangan. Dia harus menemukan cara agar konsep sandal listrik ini juga bisa diterapkan di sepatu.

Rencananya, remaja ini pun akan mendaftarkan hak paten dan memasarkan sandal anti pemerkosaan ini sesegera mungkin. []


Artikel Terkait :

About Fajar Zulfikar

Check Also

fungsi pangkal tusuk gigi

Di Balik Populernya Tusuk Gigi di Dunia, Ini Sejarahnya

Sekitar tahun 1870, ia mampu memproduksi jutaan tusuk gigi kayu dalam satu hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *